Presentasi Telkomsel di acara TIBCO Now Global Tour 2019.
Presentasi Telkomsel di acara TIBCO Now Global Tour 2019.

TIBCO Dorong Transformasi Digital IT Telkomsel

Teknologi corporate transformasi digital tibco
Cahyandaru Kuncorojati • 16 April 2019 08:11
Jakarta: Dalam TIBCO Now Global Tour 2019 di awal bulan ini, Telkomsel jadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang hadir.
 
Telkomsel hadir sebagai perwakilan industri telekomunikasi yang memanfaatkan solusi TIBCO. Dalam presentasinya, Telkomsel menunjukkan bahwa solusi TIBCO diklaim untuk melakukan transformasi digital di sisi infrastruktur dan operasional IT perusahaan yang berimbang ke pertumbuhan bisnisnya.
 
Dalam wawancara singkat dengan Vice President IT Digital Enablement Telkomsel, Metra Utama, disebut solusi TIBCO membantu Telkomsel melakukan transofrmasi IT dan bisnisnya, mengembangkan digital core business Telkomsel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sejak 2017 kita sudah mengalami IT digital transformation. Jadi kita sudah memiliki beragam microservices dan channel layanan dari Telkomsel. Tidak hanya disediakan kita tapi juga bisa diakses dari pihak ketiga," tutur Metra.
 
TIBCO menjadi salah satu solusi yang dipilih oleh Telkomsel untuk mengembangkan API (Application Programming interface) dari digital core business Telkomsel. Dari penjelasan Metra, API tadi kemudian dikembangkan untuk bisa terintegrasi ke macam-macam service Telkomsel.
 
TIBCO Dorong Transformasi Digital IT Telkomsel
 
"Awalnya service Telkomsel itu terdari dari beragam silo yang tidak terintegrasi. Hal ini menyebabkan sistem berantakan dan sulit untuk dipantau dan dianalisis dalam waktu yang singkat. Kinisetiap silo service terhubung ke satu API dan API milik Telkomsel juga bisa digunakan oleh pihak ketiga," jelas Metra.
 
Kerja sama dengan pihak ketiga ini memungkinkan Telkomsel memiliki banyak channel layanan yang tadinya hanya bisa didapatkan lewat sistem USSD, Grapari Telkomsel (offline), call center, dan aplikasi kini bisa lewat aplikasi lain.
 
Misalnya, pengguna bisa melakukan pembelian pulsa lewat layanan Go-Jek dan Tokopedia dengan pengalaman yang sama dengan semua channel layanan atau transaksi. Menurut Metra hal ini memungkinkan Telkomsel memiliki omni-channel untuk bisnis mereka.
 
"Kira-kira ada tiga solusi TIBCO yang digunakan. TIBCO BusinessWorks Container Edition, TIBCO Fullfillment Order Management, dan TIBCO ActiveSpaces," ucap Metra.
 
TIBCO BusinessWorks Container Edition memungkinkan pembuatan dan integrasi API untuk microservices jauh lebih mudah dan time to market menjadi lebih cepat. Solusi TIBCO Fullfillment Order Management membantu Telkomsel melakukan konfigurasi produk dan mengujianya sebelum dirilis ke pasar.
 
TIBCO Dorong Transformasi Digital IT Telkomsel
 
Sementara solusi TIBCO ActiveSpaces seperti menyediakan solusi database yang dengan mudah tersimpan dan bisa ditelusuri dengan mudah secara real-time. Diakui Metra bahwa transformasi IT yang dilakukan sangat berpengaruh positif kepada perusahaan.
 
"Overall growth bisnis Telkomsel sangat bagus. Hal ini juga mampu menekan capex dan opex dari bisnis perusahaan. Bahkan kita bisa membuka revenue streams baru," tutur Metra.
 
Misalnya, dengan memantau behaviour konsumen Telkomsel, perusahaan telekomunikasi ini bisa menyediakan data untuk perusahaan lain atau pemerintah yang membutuhkan data terkait masyarakat Indonesia. Seperti Kementerian Perhubungan memanfaatkan data pergerakan pengguna Telkomsel untuk menentukan pembangunan infrastruktur transportasi.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif