Mengutip GSM Arena, berdasarkan laporan Canalys, Xiaomi menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam kategori perangkat wearable, termasuk smartwatch dan smartband. Di tengah pertumbuhan pasar perangkat wearable, Xiaomi berhasil melampaui para pesaing utamanya seperti Apple dan Huawei.
Keberhasilan ini didukung oleh berbagai produk menarik yang menjangkau konsumen di berbagai tingkat harga. Strategi harga kompetitif, portofolio produk beragam, ekosistem kuat, serta fokus pada fitur kesehatan dan kebugaran merupakan disebut Canalys sebagai faktor kunci kesuksesan Xiaomi.
Xiaomi dikenal masyarakat dengan penetapan harga agresif, menjangkau berbagai segmen pasar, terutama di negara berkembang. Seri Mi Band (kini Xiaomi Band) menjadi sangat populer karena harganya yang terjangkau dengan fitur melimpah.
Selain itu, Xiaomi menawarkan pilihan perangkat wearable luas, dari smartband dasar hingga smartwatch premium, memenuhi beragam kebutuhan dan anggaran konsumen. Perangkat wearable Xiaomi terhubung dengan mulus dalam ekosistem produk pintar lebih luas, termasuk smartphone dan perangkat rumah pintar, menciptakan pengalaman terpadu bagi pengguna.
Xiaomi terus mengembangkan fitur pelacakan kesehatan dan kebugaran pada perangkatnya, seperti pemantauan detak jantung, SpO2, pelacakan tidur, dan berbagai mode olahraga, menarik bagi konsumen yang peduli dengan kesehatan.
Kepemimpinan Xiaomi menandakan perubahan dalam pasar perangkat wearable. Kendati merek premium seperti Apple mendominasi segmen kelas atas, Xiaomi membuktikan adanya permintaan signifikan untuk perangkat wearable fungsional, andal, dan terjangkau.
Fenomena ini memicu inovasi di industri secara keseluruhan, menjadikan teknologi kesehatan dan kebugaran lebih mudah dijangkau oleh banyak orang. Laporan Canalys juga menyoroti tren lain dalam pasar perangkat wearable.
Tren lain itu seperti meningkatnya adopsi smartwatch dibandingkan smartband di sejumlah pasar, atau fokus lebih besar pada fitur AI dan konektivitas seluler independen. Meskipun demikian, dominasi Xiaomi pada Q1 2025 menggarisbawahi bahwa volume penjualan di segmen menengah ke bawah masih menjadi faktor penentu keberhasilan dalam pasar wearable global saat ini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id