Aplikasi Mobile F1
Aplikasi Mobile F1

IBM dan Scuderia Ferrari HP Punya Aplikasi untuk Penggemar F1

Mohamad Mamduh • 06 Mei 2025 16:52
Jakarta: IBM dan Scuderia Ferrari HP baru saja mengumumkan peluncuran aplikasi mobile terbaru yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman penggemar Formula 1 di seluruh dunia. Aplikasi ini bertujuan untuk mendekatkan para penggemar, atau yang dikenal sebagai Tifosi, dengan tim, mobil, dan balapan yang mereka cintai.
 
Aplikasi mobile Scuderia Ferrari kini hadir dalam bahasa Inggris dan Italia, dan dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) dari IBM watsonx. Fitur-fitur ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan interaktif bagi para penggemar selama akhir pekan balapan.
 
Salah satu fitur utama adalah ringkasan balapan yang dihasilkan oleh AI. Hanya beberapa jam setelah balapan selesai, penggemar dapat mengakses ringkasan performa tim Scuderia Ferrari HP yang dibuat menggunakan model bahasa besar (LLM) dari watsonx. Data balapan yang kompleks diubah menjadi narasi yang menarik, termasuk evaluasi dari pembalap dan kepala tim.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan insight pasca-balapan dan visualisasi data yang dinamis. Pengguna dapat melihat data pembalap dan mobil setelah balapan, termasuk telemetri, kondisi cuaca dan trek, hasil sesi, serta strategi mobil dan penggunaan ban. Insight historis dari pembalap dan tim juga tersedia, membandingkan momen-momen kunci balapan 2025 dengan pencapaian di masa lalu.
 
Tidak hanya tentang balapan, aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur interaktif sepanjang tahun. Penggemar dapat mengirim pesan langsung ke tim Scuderia Ferrari HP, memberikan suara dalam jajak pendapat harian tentang berbagai topik, dan menikmati momen-momen balapan ikonik dari sejarah Ferrari.
 
IBM dan Scuderia Ferrari HP berencana untuk terus merilis fitur-fitur baru sepanjang tahun 2025. Dengan menggabungkan data dan teknologi AI, mereka berharap dapat menciptakan pengalaman digital yang memperdalam hubungan antara penggemar dan tim balap F1 paling terkenal di dunia.
 
"IBM dan Ferrari terhubung oleh komitmen bersama untuk kemajuan, inovasi, dan keunggulan," kata Jonathan Adashek, Senior Vice President of Marketing and Communications di IBM.
 
"Dengan AI, kami menciptakan cetak biru baru untuk keterlibatan penggemar secara digital guna membaw a mereka lebih dekat ke Scuderia Ferrari."
 
Lorenzo Giorgetti, Chief Racing Revenue Officer, menambahkan, "Aplikasi ini bertujuan untuk mendekatkan semua penggemar kami ke inti dunia balap Ferrari. Proyek ini baru saja diluncurkan dan akan menjadi semakin komprehensif dalam beberapa bulan mendatang."
 
Aplikasi mobile Scuderia Ferrari yang telah didesain ulang kini tersedia di Apple App Store dan Google Play Store.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan