Bahkan, mayoritas atau sekitar 60% dari mereka menyatakan bahwa RCS memberikan dampak yang "sangat positif" terhadap komunikasi mereka dengan pelanggan. Temuan ini didapatkan dari riset terbaru yang dilakukan oleh Twilio, platform interaksi dengan pelanggan global, terhadap para peserta MWC 2025.
RCS bukan sekadar layanan pesan biasa. Layanan ini hadir dengan berbagai fitur canggih, termasuk kemampuan untuk menyertakan identitas merek pengirim pesan pada aplikasi pesan bawaan.
Dengan fitur ini, pelanggan dapat dengan mudah mengenali dan mempercayai sumber pesan yang mereka terima. Meskipun SMS masih memiliki peran penting dalam beberapa situasi, RCS menawarkan platform standar dan kaya fitur yang dinamis dan interaktif untuk komunikasi yang lebih aman, tepercaya, dan berkualitas.
Tingkat adopsi RCS yang tinggi membawa berbagai manfaat bagi bisnis. Manfaat utama yang dirasakan oleh para profesional industri adalah pengalaman pengguna yang lebih baik (53%), kemampuan berbagi media yang lebih kaya (29%), dan peningkatan kepercayaan berkat fitur pengirim terverifikasi (18%).
Dengan demikian, tercipta bentuk komunikasi antara bisnis dan pelanggan yang lebih kaya dan kredibel. Adanya profil bermerek dan lencana pengirim terverifikasi membuat pelanggan merasa lebih aman saat menerima dan mengeklik tautan dalam pesan RCS. Selain itu, gambar, video, audio, dan elemen branding yang disematkan, ditambah dengan personalisasi yang akurat, menghasilkan interaksi yang lebih menarik.
Para responden juga mengamati berbagai dampak positif dari RCS terhadap komunikasi mereka dengan pelanggan. Dampak yang paling signifikan adalah peningkatan keamanan (37%), diikuti oleh komunikasi yang lebih efisien (25%), terciptanya hubungan yang lebih mendalam dengan pelanggan (17%), peningkatan imbal hasil investasi atau ROI (11%), serta penguatan kepercayaan pelanggan (10%).
Meskipun 56% responden mengaku belum menerapkan RCS saat ini, tren peningkatan adopsi terlihat sangat jelas. Dalam 12 bulan ke depan, hampir tiga perempat (71%) profesional industri yang disurvei di MWC berencana mengadopsi RCS.
Ini mengindikasikan peningkatan kepercayaan dan permintaan akan layanan pesan singkat mutakhir ini. Dari jumlah tersebut, 14% berencana mengimplementasikan RCS dalam semua bentuk interaksi yang memungkinkan, sementara 20% akan menggunakan RCS untuk sebagian besar interaksi, dan 37% untuk interaksi tertentu.
Namun, kurangnya pengetahuan masih menjadi penghambat bagi hampir sepertiga (30%) organisasi bisnis dalam mengimplementasikan RCS. Temuan ini menekankan pentingnya edukasi yang lebih baik mengenai aplikasi RCS, manfaatnya, serta cara mengintegrasikannya ke dalam infrastruktur yang sudah ada.
Irfan Ismail, Regional Vice President, ISV Business untuk APJ di Twilio, menyampaikan bahwa kebutuhan akan komunikasi digital yang aman semakin meningkat, sehingga adopsi RCS secara luas hanya tinggal menunggu waktu.
"Meskipun saat ini popularitas RCS masih terkonsentrasi di kawasan Amerika dan Eropa, beberapa negara di Asia termasuk Singapura sudah mulai melangkah menuju penerapan standar pesan baru yang lebih aman ini. Jika kelak RCS tersedia di Indonesia, teknologi ini tidak hanya merevolusi cara brand berinteraksi dengan pelanggan, tetapi juga membantu mengurangi penyebaran informasi yang menyesatkan dengan fitur akun pengirim terverifikasi, sehingga menciptakan ekosistem digital yang lebih aman. Ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia untuk memperkuat keamanan komunikasi digital," ujar Irfan.
RCS dapat diterapkan untuk berbagai keperluan komunikasi pelanggan, termasuk dukungan pelanggan, penawaran yang dipersonalisasi, program promosi, penjadwalan janji temu, survei umpan balik, dan pembaruan pesanan. Layanan ini menyediakan fitur pesan yang disempurnakan, seperti kemampuan untuk menyematkan foto, video, dan GIF berkualitas tinggi, serta pesan yang lebih panjang tanpa batasan 160 karakter seperti pada SMS.
RCS juga menyertakan elemen interaktif seperti tombol, carousel, dan saran untuk balasan, yang memungkinkan brand untuk menghadirkan pengalaman berbelanja langsung dan memperkuat interaksi dengan pelanggan. Dengan pesan bermerek, ID pengirim terverifikasi, dan fitur enkripsi, RCS memberikan peningkatan keamanan, rasa percaya, dan kenyamanan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News