Kaspersky menyebut minat anak terhadap game komputer menurun selama periode pandemi.
Kaspersky menyebut minat anak terhadap game komputer menurun selama periode pandemi.

Minat Anak Indonesia pada Game Komputer Turun

Teknologi teknologi kaspersky
Lufthi Anggraeni • 06 Juni 2020 11:43
Jakarta: Kaspersky mengumumkan hasil studi terbarunya, menyebut bahwa minat anak terhadap game komputer mengalami penurunan selama beberapa bulan terakhir, terutama jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemik COVID-19.
 
Laporan ini berdasarkan data anonim yang dikumpulkan oleh Kaspersky Security Network (KSN) dari pengguna Kaspersky Safe Kids di platform Windows dan macOS. Data tersebut dihimpun KSN selama bulan Maret hingga bulan Mei 2020, dan mengalami penurunan minat secara konsisten jika dibandingkan dengan dua bulan pertama tahun 2020.
 
Untuk wilayah Indonesia, minat online anak terhadap game komputer mengalami perubahan signifikan dalam lima bulan pertama tahun 2020. Berdasarkan statistik Kaspersky, minat tertinggi anak terhadap game komputer di Tanah Air tercatat pada bulan April, dengan persentase sebesar 16,3 persen dan menurun pada bulan Mei menjadi 13,23 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pakar analisis konten web di Kaspersky, Anna Larkina, menyebut bahwa menurunnya minat pada game di komputer pribadi dapat dijelaskan oleh meningkatnya kebutuhan dalam penggunaannya untuk kegiatan lain.
 
Berdasarkan data pada laporan tersebut, Larkina menyimpulkan bahwa meski anak-anak menghabiskan sebagian besar waktu di rumah, mereka menggunakan komputer dengan bijak dan merasa tidak perlu untuk memainkan video game.
 
Dan untuk memastikan anak memiliki pengalaman bermain gim secara positif selama pandemi, Kaspersky menyampaikan sejumlah rekomendasinya, termasuk mendorong anak untuk menginformasikan kepada orang tua jika mengalami hal yang membuat mereka tidak nyaman atau mengganggu saat bermain game.
 
Jika melihat anak menghabiskan waktu lebih sedikit pada game komputer selama periode isolasi diri, cobalah mencari tahu alasannya, kemudian melakukan komunikasi dan memahami perasaan anak serta mencari solusi.
 
Tidak hanya mendampingi dalam hal pendidikan, orang tua juga memegang peranan penting dalam mendampingi anak saat bermain game. Dengan demikian, Kaspersky menyarankan orang tua menemukan waktu untuk bermain game komputer dengan anak.
 
Hal ini dapat membantu memperkuat hubungan antara orang tua dan anak serta meningkatkan pemahaman terkait aktivitas anak di waktu luang mereka. Terakhir, Kaspersky juga merekomendasikan orang tua untuk menginstal Kaspersky Safe Kids.
 
Via Kaspersky Safe Kids, Kaspersky mengklaim bahwa orang tua dapat memantau, melihat dan mencari aktivitas online anak di berbagai perangkat tanpa melanggar ruang pribadi. 
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif