Ilustrasi.
Ilustrasi.

Google Translate Bisa Terjemahkan via Kamera Ponsel

Teknologi google
Ellavie Ichlasa Amalia • 19 Juli 2019 22:02
Jakarta:Jika Anda hendak berpergian ke luar negeri, tapi tidak terlalu fasih dengan bahasa ibu dari negara tersebut, Anda mungkin tertarik untuk mengunduh aplikasi Google Translate.
 
Di aplikasi ini, Anda bisa mengetikkan kata yang hendak Anda terjemahkan. Hanya saja, jika Anda tidak mau mengetikkan kata yang hendak Anda cari, Anda bisa menggunakan fitur kamera instan. Anda cukup mengarahkan lensa kamera ponsel ke objek berupa teks yang hendak Anda terjemahkan dan aplikasi akan menerjemahkannya untuk Anda.
 
Fitur ini serupa dengan real-time translation yang ada pada Google Lens. Kabar baiknya, aplikasi Google Translate ini bisa Anda gunakan bahkan ketika ponsel Anda tidak terhubung ke jaringan WiFi atau jaringan seluler.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain fitur "Instan" yang akan menerjemahkan kata ketika Anda mengarahkan kamera, Google Translate juga memiliki dua fitur lain yaitu Scan dan Impor.
 
Pada fitur Scan, Anda dapat menerjemahkan kalimat atau kata dengan mengambil foto dan menyorot teks yang hendak Anda terjemahkan dengan jari. Sementara dengan Impor, Anda dapat menerjemahkan kalimat yang ada pada foto di galeri ponsel.
 
Dalam pembaruannya, Google menambahkan dukungan atas 60 bahasa baru. Secara total, Anda akan menemukan Google Translate mendukung 88 bahasa, termasuk Arab, India, Melayu, Thailand, dan Vietnam. Selain bahasa Indonesia, Google Translate juga sudah mendukung berbagai bahasa daerah seperti Jawa dan Sunda.
 
Sekarang, Anda juga tidak hanya bisa menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa lain. Anda bisa memilih bahasa yang ingin Anda terjemahkan dan bahasa hasilnya. Misalnya, menerjemahkan bahasa Arab ke Prancis atau Jepang ke Mandarin.
 
Jika Anda tidak yakin bahasa apa yang hendak Anda terjemahkan, Google Translate akan dapat menentukan bahasa itu berkat "Detect Language". Google mengklaim, aplikasi terbarunya juga dapat memberikan terjemahan yang lebih akurat berkat Neural Machine Translation (NMT), yang diklaim mengurangi kesalahan hingga 55-58 persen.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif