Huawei kembali menjadi anggota WiFi Alliance, Bluetooth SIG dan SD Association.
Huawei kembali menjadi anggota WiFi Alliance, Bluetooth SIG dan SD Association.

Aliansi WiFi, Bluetooth, dan SD Izinkan Huawei Kembali

Teknologi huawei
Lufthi Anggraeni • 01 Juni 2019 10:22
Jakarta: Huawei diam-diam telah kembali dalam keanggotaan pada tiga asosiasi teknologi utama, setelah sebelumnya harus menerima keanggotaannya tersebut dilucuti akibat larangan kerjasama perusahaan Amerika Serikat dengan Tiongkok dari pemerintahan Donald Trump.
 
Masa sulit Huawei dimulai dengan laporan bahwa ponselnya dilarang untuk menggunakan aplikasi Android utama setelah Google mematuhi peraturan larangan perdagangan baru, dan kemudian berlanjut menjadi semakin buruk, seperti laporan Slash Gear.
 
Bagian open-source inti Android masih tersedia untuk digunakan oleh Huawei, namun produsen smartphone ini menghadapi kemungkinan tidak dapat menggunakan fitur utama seperti aplikasi Gmail dan YouTube, serta Google Play Store, pada perangkatnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini karena fitur utama tersebut membutuhkan kesepakatan perizinan spesifik dengan Google, salah satu hal yang dilarang pada kebijakan larangan perdagangan baru tersebut. Setelahnya, permasalahan Huawei semakin meluas, termasuk perusahaan produsen chipset yang turut memutuskan kerja sama mereka dengan Huawei.
 
Selain itu, Huawei juga kehilangan keanggotaan dari organisasi utama seperti WiFi Alliance, Bluetooth SIG dan SD Association. Tanpa keanggotaan pada organisasi ini, masa depan perangkat Huawei dinilai memburuk, sebab berpeluang tidak dapat menggunakan fitur utama seperti kartu memori, Bluetooth dan WiFi.
 
Kini Huawei telah kembali mendapatkan nilai baik dari organisasi tersebut. Masing-masing organisasi dilaporkan secara diam-diam telah melakukan update pada keanggotaannya, termasuk keanggotaan Huawei.
 
Namun tidak satupun dari tiga organisasi ini yang berkomentar terkait keputusannya ini, baik keputusan untuk menghilangkan keanggotaan Huawei sebelumnya, maupun mengembalikan keanggotaan tersebut.
 
Terkait situasi yang terjadi, Huawei menyebut perusahaannya terfokus pada produk yang telah tersedia, alih-alih pada produk baru. Penggunaan kartu SD pada smartphone karyanya, disebut Huawei, tidak akan berdampak.
 
Huawei menyebut konsumen dapat tetap membeli dan menggunakan kartu SD sebagai memori tambahan pada perangkat lama karyanya. Saat ini, pemerintah Amerika Serikat memutuskan untuk memberikan waktu penangguhan larangan perdagangan kepada Huawei selama 90 hari.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif