Samsung Gakaxy A Series.
Samsung Gakaxy A Series.

Samsung Dominasi Eropa Pakai Seri Menengah

Teknologi samsung
Cahyandaru Kuncorojati • 14 Agustus 2019 11:00
Jakarta: Samsung tidak selalu menjagokan seri flagship mereka seperti Galaxy S maupun Galaxy Note. Cerita unik dari pasar smartphone Eropa mengungkap seri smartphone kelas menengah Samsung lebih diminati.
 
Informasi ini diperioleh dari firma riset Canalys mengenai pasar smartphone di Eropa untuk kuartal kedua (Q2) 2019. Dilaporkan bahwa Samsung mengalami peningkatan pangsa pasar di Eropa dan mendominasinya dengan nilai 40 persen. Pencapaian ini menjadi yang tertinggi selama lima tahun terakhir.
 
Samsung berhasil mengirimkan 18,3 juta unit smartphone untuk pasar Eropa. Samsung Galaxy A Series menjadi yang paling berkontribusi, sekitar 12 juta unit. Empat seri yang paling populer adalah Samsung Galaxy A10, Galaxy A20e, Galaxy A40, dan Galaxy A50.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebelumnya Samsung selalu kehilangan pangsa pasar di Eropa. Fokus kepada keuntungan operasional telah menghambat strategi produk mereka. Namun, tahun ini mereka berhasil merebut kembali pangsa pasar," ungkap Senior Analyst Canalys, Ben Stanton.
 
Samsung Dominasi Eropa Pakai Seri Menengah
 
Dia juga menyebut bahwa Samsung berhasil mengambil peluang dari masa Huawei masuk dalam daftar US Entity List. Selain itu, rendahnya loyalitas konsumen smartphone kelas low-end dan middle-range atau menengah yang selama ini membayangi Samsumg telah terpatahkan dengan pencapaian ini.
 
Pesaing Samsung seperti Huawei dan Apple justru mengalami penurunan di pasar Eropa dari catatan kuartal kedua (Q2) 2018. Pengiriman smartphone Huawei merosot 16 persen menjadi hanya 8,5 juta unit di Q2 2019. Apple turun 17 persen menjadi 6,5 juta unit iPhone yang dikirimkan.
 
Di posisi keempat ada Xiaomi yang ikut menunjukkan peningkatan dipasar Eropa dan posisi vendor kelima di pangsa pasar Eropa adalah HMD Global (Nokia) yang juga mengalami penurunan 18 persen dari Q1 2018 sehingga kuartal ini hanya mengirimkan 1,2 juta unit smartphone saja.
 
"Xiaomi yang menekankan harga kompetitif di seluruh penjuru Eropa mulai dipercaya konsumen termasuk operator di Eropa," tutur Analyst Canalys, Mo Jia. Dia menyebutkan bahwa operator di Eropa mulai mencari alternatif untuk menjembatani produk Samsung dengan merek lain.
 
Xiaomi yang baru ini menyatakan sudah menyiapkan smartphone yang mendukung 5G juga dinilai turut mendorong pertumbuhan kerja sama dengan operator di Eropa melihat belum banyak ketersediaan smartphone 5G dipasar.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif