?Barclay memverifikasi informasi sebelumnya, mengklaim 3D Touch tidak akan hadir pada model iPhone 11.
?Barclay memverifikasi informasi sebelumnya, mengklaim 3D Touch tidak akan hadir pada model iPhone 11.

Apple Hilangkan 3D Touch Pada iPhone 11?

Teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 28 Mei 2019 12:33
Jakarta: Apple pertama kali memperkenalkan 3D Touch empat tahun lalu, melalui iPhone 6s. Sejak saat itu, fitur yang memungkinkan layar mengenali besar tekanan dari pengguna itu terus menjadi bagian penting pada iPhone terbaru. Namun mulai tahun ini, fitur tersebut dilaporkan tidak lagi digunakan pada iPhone.
 
Setelah sebelumnya memprediksi penggantian 3D Touch pada bulan Agustus 2018 lalu, laporan terbaru Barclay memverifikasi informasi sebelumnya dengan mengklaim 3D Touch tidak akan hadir pada model iPhone 11 yang diluncurkan pada bulan September ini.
 
Untuk menggantikan teknologi ini, Apple dilaporkan akan menggunakan sistem Haptic Touch, yang pada dasarnya menggabungkan umpan balik haptic dengan tekanan lama dari pengguna, seperti yang dilaporkan MacRumors.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apple sebelumnya menghilangkan 3D Touch dari iPhone XR yang diluncurkan pada tahun lalu, dengan harapan dapat menghadirkan layar dengan bezel lebih tipis. Namun, pada iPhone model premium, Apple terbukti dapat menciptakan layar berukuran luasberangka tipis dengan fitur ini.
 
Hingga saat ini, masih belum tersedia informasi pasti terkait dengan alasan penghilangan teknologi 3D Touch, meski sejumlah pihak menilai Apple menghilangkan fitur itu karena mereka punya rencana sendiri untuk perangkat terbarunya di masa mendatang.
 
Sebelumnya, analis dari Barclays dan mitranya dilaporkan baru mengunjungi rantai pemasok Apple, dan diberitahu bahwa iPhone keluaran tahun 2020 akan dilengkapi dengan teknologi pemindai sidik jari akustik di layar.
 
Teknologi ini akan memungkinkan pengguna untuk mengetuk layar di bagian manapun untuk membuka kunci perangkat. Sebelumnya, Apple telah mendaftarkan paten untuk teknologi ini pada awal tahun 2019.
 
Paten tersebut menjelaskan cara mengubah sinyal audio menjadi gambar berkode dari sidik jari pengguna, sehingga menghasilkan versi Touch ID yang diklaim lebih cepat dan lebih mudah untuk digunakan.
 
Sementara itu, muak dengan ketidakpastian akibat perang dagang antara AS dan Tiongkok, salah satu penyupai Apple memutuskan untuk memidahkan proses produksi ke luar Tiongkok, untuk lebih tepatnya, ke Indonesia.
 
Menurut laporan media lokal, penyuplai Apple, Pegatoron akan mulai memproduksi massal MacBook dan iPad di Indonesia pada bulan depan. Di Tiongkok, Apple punya tiga rekan manufaktur utama, yaitu Foxconn, Pegatorn, dan Wistron.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif