Namun, pada dasarnya, target pasar secara keseluruhan tidak akan memiliki perubahan. Hal ini disampaikan oleh Project Director Advan G1, Hasnul Suhaimi, dalam pertemuan terbatas dengan para wartawan di Intercontinental Midplaza, Senin (19/12/2016).
"Kalau kita lihat, tren konsumen justru sekarang makin tinggi harganya. Orang dulu mungkin mengutamakan harga, dengan kisaran di bawah Rp1 juta. Sekarang, orang mulai mempertimbangkan ponsel dengan harga lebih dari Rp1,5 juta," ujar Hasnul.
Target untuk merambah pasar konsumen yang lebih luas bukan berarti Advan akan melupakan segmen kelas menengah ke bawah, yang selama ini merupakan pasar bisnis terkuat Advan. Ketika menyasar kelas menengah ke atas, mereka juga tidak ingin mematok smartphone dengan harga yang terlalu mahal. Oleh karena itu, mereka mencoba terjun ke pasar smartphone dengan ponsel 4G anyar, Advan G1.
Namun, Hasnul menekankan bahwa Advan tidak hanya ingin meluncurkan produk. Secara internal, ia mengatakan bahwa Advan sedang melakukan pembenahan terhadap layanan purna jual mereka. Salah satu strateginya adalah menambah jumlah service center dan memastikan bahwa perbaikan produk mempunyai tenggat waktu yang jelas.
"Dengan harga Rp1,5 juta, konsumen akan menginginkan ponsel mereka bisa dan mudah diperbaiki."
Lebih lanjut, Advan juga menekankan bahwa mereka tetap berusaha untuk menawarkan produk dengan harga yang masih terjangkau, tetapi dengan fitur dan kemampuan yang dibanderol mahal oleh kompetitor. Bagaimanapun, pasar kelas menengah ke atas Indonesia memang merupakan pasar yang seksi, dan beberapa vendor asing sekelas Samsung melihatnya sebagai peluang.
Pertanyaan berikutnya untuk Advan adalah apakah mereka akan meluncurkan ponsel flagship kedepannya. "Kalau ingin meluncurkan ponsel flagship, terlebih dahulu kita harus membangun pondasi yang kuat, dan itu ada di pasar menengah," kata Brand Director Advan, Andy Gusena.
Di sisi lain, jika kita membicarakan Advan, mereka selama ini dikenal sebagai produsen tablet favorit konsumen Indonesia ketimbang smartphone. Data terakhir menunjukkan Advan berhasil menduduki peringkat pertama pangsa pasar tablet Indonesia, dan menyumbang kontribusi sekitar 50 persen untuk penjualan perangkat mereka secara keseluruhan. Advan mengklaim terdapat pertumbuhan penjualan sekitar 8 persen.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id