Kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP hadirkan layanan HolidAI Singapura
Kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP hadirkan layanan HolidAI Singapura

Singapore Tourism Board Manfaatkan AI untuk Kemudahan Berwisata

Mohamad Mamduh • 25 April 2024 18:24
Jakarta: Singapore Tourism Board (STB) Indonesia mengumumkan perpanjangan kemitraan dengan GDP Venture melalui Memorandum of Cooperation (MOC) satu tahun. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Terrence Voon, Executive Director, Southeast Asia, STB, dan Danny Wirianto, Chief Business Officer (CBO) GDP Venture. 
 
Kolaborasi strategi pemasaran ini memanfaatkan portofolio GDP Venture untuk mendorong pertumbuhan pengunjung asal Indonesia ke Singapura. Selain itu, kolaborasi antara STB Indonesia dan GDP Venture juga meliputi promosi akomodasi dan tiket penerbangan Singapura di perusahaan terafiliasi GDP Venture lainnya. 
 
Perpanjangan kemitraan ini termasuk pengenalan perencana perjalanan berbahasa Indonesia pertama yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI), HolidAI Singapura. Melalui platform AI ini, wisatawan Indonesia akan mendapatkan akses ke rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan durasi perjalanan mereka dan jumlah anggota keluarga yang ikut berwisata.
 
“Kemitraan selama setahun terakhir telah berjalan dengan baik dan terbukti efektif dalam mendorong pertumbuhan pariwisata ke Singapura, sehingga mendorong kami untuk meningkatkan kolaborasi yang telah berjalan," kata Terrence Voon, Executive Director, Southeast Asia, STB.
 
"Peluncuran platform pembuat rencana perjalanan yang didukung AI adalah contoh bagaimana kami berinovasi untuk membuatkan rekomendasi perjalanan yang disesuaikan dengan kebutuhan unik masing-masing wisatawan Indonesia, menyederhanakan proses perencanaan perjalanan mereka, dan meningkatkan visibilitas beragam atraksi di Singapura."

HolidAI Singapura juga dapat memberikan rekomendasi bagi wisatawan Muslim yang memiliki kebutuhan atas makanan dan minuman halal. Sebagai platform AI berbasis Bahasa Indonesia, HolidAI Singapura juga bertujuan untuk meningkatkan inklusivitas serta menfasilitasi pengalaman Singapura yang dapat diakses oleh populasi Indonesia yang lebih luas. 
 
Pada kuartal pertama 2024, Singapura telah menerima lebih dari 664.000 pengunjung Indonesia dan mencatat peningkatan sebesar 33,8% dibandingkan tahun lalu. Pada periode yang sama, pengunjung Indonesia menyumbang lebih dari 45% dari total pengunjung Singapura yang berasal dari Asia Tenggara.
 
Danny Wirianto, Chief Business Officer (CBO) GDP Venture, menyatakan, kelanjutan kemitraan dengan Singapore Tourism Board untuk tahun kedua merupakan bukti komitmen bersama kami terhadap inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan.
 
"Upaya kolaboratif kami telah mencapai keberhasilan dalam memperkuat posisi Singapura di pasar Indonesia. Pembuat rencana perjalanan yang didukung AI juga mencerminkan upaya kami dalam memanfaatkan teknologi dan strategi pemasaran terpersonalisasi untuk meningkatkan pengalaman bagi konsumen Indonesia. Kami berkomitmen untuk memperkenalkan strategi inovatif yang akan memberikan nilai bagi audiens kami.”
 
Untuk saat ini, belum dijabarkan lebih jauh bentuk nyata platform HolidAI Singapura. Terrence menyebutkan mereka akan memberikan informasi lebih jauh beberapa waktu kemudian.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan