Telkomsel.
Telkomsel.

Ramadan dan Idulfitri, Telkomsel: Trafik Internet Naik, SMS dan Telepon Sepi

Cahyandaru Kuncorojati • 17 April 2024 10:26
Jakarta: Telkomsel mengklaim sukses mengawal momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H melalui optimalisasi jaringan broadband terdepan serta ketersediaan produk dan layanan bernilai tambah.
 
Sepanjang momen ini, Telkomsel mencatatkan peningkatan trafik internet mencapai 12.87 persen dibandingkan hari biasa 2024 atau 15.08 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya.
 
Selama periode RAFI 2024, lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital seperti mobile gaming melonjak 78.51 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) naik 28.52 persen.

Pada akses layanan video streaming tumbuh 15.94 persen, akses e-commerce naik 15.77 persen, akses media sosial naik 14.07 persen, dan akses browsing tumbuh 9.74 persen. 
 
Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp(naik 40.09 persen, Instagram naik 24.51 persen, TikTok naik 17.82 persen, YouTube naik 15.28 perse, dan Facebook naik 11.17 persen.
 
Kemudian untuk trafik layanan SMS tercatat turun 10.40 persen dan layanan suara turun sekira 18.52 persen dibandingkan hari biasa. Hal ini menunjukan bahwa layanan legacy seperti SMS dan telepon kian ditinggalkan.
 
Data Telkomsel menunjukkan lima  wilayah kota/kabupaten di Indonesia yang memiliki pertumbuhan trafik penggunaan data tertinggi.
 
Pertama adalah Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) tercatat mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 57.42 persen, diikuti Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) naik sekira 55.25 persen, Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) naik 54.48 persen, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) naik 47.11 persen, dan Kabupaten Cirebon (Provinsi Jawa Barat) naik 34.49 persen.
 
“Telkomsel mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan menggunakan produk dan layanan dari Telkomsel. Kami terus berkomitmen untuk memastikan kesiapan jaringan di momen-momen besar keagamaan seperti Hari Raya, dan momentum penting lainnya yang membutuhkan keandalan layanan internet,” tandas Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono.
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan