Meta mengumumkan tiga area prioritasnya selama tahun 2023, untuk mendorong bisnis dan ROI.
Meta mengumumkan tiga area prioritasnya selama tahun 2023, untuk mendorong bisnis dan ROI.

Meta Fokus di 3 Area Prioritas Sepanjang 2023 untuk Dorong Bisnis dan ROI

Lufthi Anggraeni • 20 Mei 2023 09:53
Jakarta: Selama tahun 2023, Meta akan terfokus pada tiga area prioritas yang akan membantu pertumbuhan bisnis dan industri di Indonesia, yaitu pertumbuhan video khususnya Reels, peran Artificial Intelligence (AI) untuk bisnis, dan Perpesanan Bisnis atau Business Messaging.
 
Perpesanan Bisnis atau Business Messaging ditujukan untuk dan membangun pertemuan lebih dekat. Sebagai bagian dari kampanye bisnis dan komunitas #BertemudiMeta, Meta menyoroti tiga area prioritas ini dengan lebih dekat. 
 
Tiga fokus kami tahun ini; Reels, AI, dan Business Messaging, telah menjadi bagian penting dari pertumbuhan komunitas kami di Meta yang mencapai 3 miliar orang di dunia, pada akhirnya mendorong lebih dari 200 juta pelaku bisnis dari berbagai skala di dunia mengandalkan Facebook, Instagram, dan WhatsApp untuk membangun bisnis mereka,” ujar Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian.

Soal konten, Meta menyebut bahwa Reels merupakan jenis konten yang paling diminati oleh komunitas dari platform Meta, dan Reels menjadi format dengan pertumbuhan paling pesat di Asia Pasifik, termasuk Indonesia.
 
Berdasarkan Earning Calls Meta Q4 2022, jumlah Reels yang ditonton meningkat hingga dua kali lipat, dan konten Reels yang dibagikan kembali oleh pengguna Facebook dan Instagram mengalami peningkatan signifikan hingga lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu.
 
Pertumbuhan Reels, lanjut Meta, tidak terlepas dari peran Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan pengalaman personal bagi pengguna. Berdasarkan temuan dari Culture Rising Study, perbincangan mengenai AI di Facebook dan Instagram di Indonesia meningkat sebesar 169 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.
 
Teknologi personalisasi dari AI ini mendorong waktu mengkonsumsi pengguna terhadap konten Reels di Instagram sebesar 24 persen. Sebelumnya, untuk membantu pebisnis adalah dengan meluncurkan Meta Advantage Suite pada tahun 2022 lalu. 
 
Meta Advantage Suite merupakan kumpulan produk berkemampuan untuk menyederhanakan langkah proses pembuatan iklan dan menghubungkan pengiklan atau pelaku bisnis dengan aset kreatif dan audiens, serta di waktu yang tepat.
 
Sementara itu, fokus ketiga Meta yaitu peran Perpesanan Bisnis atau Business Messaging untuk membantu percakapan bisnis yang dilakukan oleh pelaku bisnis dengan audiens mereka. Studi yang dilakukan oleh Forrester Consulting dan Meta pada Desember 2022 menunjukkan, produk Business Messaging Meta memberikan dampak lebih baik hingga 61 persen.
 
Angka tersebut lebih tinggi jika dibandingkan  kanal komunikasi lain yang selama ini digunakan. Dalam hal penjualan misalnya, nilai pesanan dari pelanggan lebih tinggi 22,1 persen  karena komunikasi antara penjual dan pembeli melalui perpesanan bisnis.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan