Pemerintah Jepang dilaporkan siap memberlakukan pelarangan belanja perangkat komunikasi Huawei dan ZTE.
Pemerintah Jepang dilaporkan siap memberlakukan pelarangan belanja perangkat komunikasi Huawei dan ZTE.

Pemerintah Jepang Larang Beli Perangkat Huawei dan ZTE?

Teknologi huawei
Lufthi Anggraeni • 07 Desember 2018 15:12
Jakarta: Jepang dilaporkan tengah mempersiapkan larangan pembelian produk telekomunikasi oleh pemerintahannya, dari dua perusahaan asal Tiongkok, yaitu Huawei dan ZTE.
 
Pelarangan ini dilandasi oleh kekhawatiran terkait kebocoran informasi badan intelijen dan serangan siber. Surat kabar Yomiuri melaporkan pemerintah diperkirakan merevisi peraturan internal terkait belanja, setidaknya pada Senin mendatang.
 
Pemerintah Jepang enggan menyebut nama dua perusahaan tersebut secara gamblang, diperkirakan untuk menghindari kemarahan Tiongkok. Berbagai pihak meyakini subjek pelarangan ini adalah Huawei dan ZTE.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Laporan ini menjadi lanjutan dari keputusan Amerika Serikat pada tahun ini, untuk melarang pembelian perangkat Huawei oleh pemerintah. Badan intelijen Amerika Serikat menuduh Huawei punya hubungan dengan pemerintah Tiongkok, dikutip dari ZDNet.
 
Karenanya, produk yang ditawarkan Huawei berpotensi mengandung sistem pintu belakang yang dimanfaatkan untuk kegiatan mata-mata. Hingga saat ini belum tersedia bukti yang dilaporkan kepada publik, dan Huawei telah membantah klaim tersebut.
 
Selain Amerika dan Jepang, tindakan serupa juga dilakukan Australia dan Selandia Baru. Kedua negara di benua Australia ini melarang Huawei membangun jaringan 5G di wilayahnya. Langkah yang sama juga dilakukan BT Group dari Inggris.
 
BT Group mengungkapkan upayanya untuk menghilangkan peralatan Huawei dari inti operasional jaringan 3G dan 4G miliknya saat ini, dan menyebut tidak akan menggunakan produk perusahaan Tiongkok pada bagian inti dari jaringan terbarunya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif