Ilustrasi.
Ilustrasi.

Koran Makin Ditinggal, Orang Lebih Suka Baca Berita via Medsos

Teknologi media sosial
Ellavie Ichlasa Amalia • 11 Desember 2018 10:36
Jakarta:Pew Research Center mulai melacak bagaimana orang-orang dewasa di Amerika Serikat mendapatkan berita. Lebih banyak orang yang mendapatkan berita dari media sosial daripada media cetak.
 
Dalam survei yang diadakan pada tahun ini, 20 persen orang dewasa mengatakan bahwa mereka sering membaca berita dari media sosial sementara hanya 16 persen mengatakan mereka membaca koran untuk mendapatkan berita. Namun, keduanya tidak bisa mengalahkan popularitas radio, situs berita, atau televisi.
 
Televisi ada di posisi puncak dengan 49 persen responden mengatakan bahwa mereka menonton berita di TV sementara 33 persen mendapatkan berita dari situs berita dan 26 persen lainnya dari radio, menurut laporan Engadget.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun televisi masih menjadi sumber berita utama bagi orang dewasa di AS, popularitasnya terus turun. Pada 2016, sebanyak 57 persen orang dewasa mendapatkan berita dari televisi.
 
Pew juga mengatakan bahwa jika mereka menggabungkan dua sumber online -- situs berita dan media sosial -- total angka responden akan mendekati total responden yang mendapatkan berita dari TV.
 
Koran Makin Ditinggal, Orang Lebih Suka Baca Berita via Medsos
 
Namun, ada perbedaan yang signifikan terkait cara seseorang mendapatkan berita berdasarkan umur. TV sangat populer di kalangan orang-orang berumur 50 tahun lebih. Sementara hanya 16 persen orang dewasa berumur 18-29 tahun yang menonton TV.
 
Pada grup paling muda (berumur 18-29 tahun), media sosial adalah sumber utama berita. Sementara di kalangan 30-49 tahun, situs berita adalah sumber utama.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif