Ada beberapa perangkat lama Apple yang disebutkan tak dapat update iOS 13. (AFP PHOTO / Emmanuel DUNAND)
Ada beberapa perangkat lama Apple yang disebutkan tak dapat update iOS 13. (AFP PHOTO / Emmanuel DUNAND)

iPhone SE, 6, dan 6 Plus tak Dapat iOS 13?

Teknologi apple iphone
Ellavie Ichlasa Amalia • 13 Mei 2019 08:12
Jakarta:Apple diperkirakan akan meluncurkan iOS 13 pada World Developer Conference pada Juni mendatang. Namun, perusahaan itu dikabarkan tidak akan memberikan update untuk iPhone 6, iPhone 6 Plus, dan iPhone SE.
 
Menurut laporan dari blog Prancis, iPhoneSoft, sistem operasi terbaru dari Apple tidak akan tersedia untuk beberapa ponsel yang mendapatkan iOS 12. Selain iPhone 6, 6 Plus, dan SE, beberapa perangkat buatan Apple yang tidak mendapatkan update adalah iPhone 5s. iPad mini 2, dan iPad Air.
 
Apple meluncurkan iPhone 5s, iPad mini 2, dan iPad Air pada 2013. Sementara iPhone 6 dan 6 Plus dirilis pada 2014. Hanya iPhone SE yang diluncurkan pada 2016. Sebelum ini, memang sempat beredar rumor yang menyebutkan bahwa iPhone berukuran empat inci itu hanya akan mendapatkan dukungan update OS hingga tiga tahun, lapor Digital Trends.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika iOS 12 diluncurkan pada tahun lalu, fakta bahwa pengguna iPhone 5s, 6, dan 6 Plus masih mendapatkan update adalah hal yang mengejutkan. Mengingat iPhone 5 dan 5c tidak mendapatkan update iOS 12, keputusan Apple untuk memberikan update pada iPhone 5s cukup mengagetkan.
 
Namun, pada iOS 12, Apple memang tidak banyak memperkenalkan fitur baru. Sebagai gantinya, perusahaan asal Cupertino itu fokus untuk mengoptimalkan hardware, sehingga perangkat lama pun bisa tetap menggunakan OS baru tersebut.
 
Kali ini, tampaknya Apple tidak akan bisa meluncurkan OS terbaru untuk perangkat lama karena mereka akan menawarkan ebrbagai fitur baru. Salah satunya Dark Mode, yang telah ada pada macOS.
 
Selain itu, mereka juga akan memperbarui iMessage, aplikasi Maps, dan fitur Health. Sementara untuk iPad, pengguna disebutkan akan bisa melakukan undo dengan melakukan tap atau swipe dengan tiga jari.
 
Semua fitur ini tampaknya tidak akan sanggup dijalankan oleh perangkat tua, seperti iPhone SE yang masih menggunakan prosesor A9. Meskipun begitu, saat ini, Apple belum memberikan pengumuman resmi. Karena itu, ada kemungkinan bahwa rumor yang beredar salah.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif