Ilustrasi.
Ilustrasi.

Di Jepang Ada Gacha Berhadiah Kartu Grafis Mahal

Cahyandaru Kuncorojati • 19 Januari 2022 15:40
Jakarta: Produsen kartu grafis (GPU) seperti Nvidia dan AMD mengakui bahwa di tahun ini mereka masih kesulitan untuk memenuhi permintaan pasar. Hal ini membuat kartu grafis menjadi langka dan dibanderol dengan harga tidak wajar.
 
Hal menarik yang terjadi di Jepang adalah siapapun bisa mendapatkan kartu grafis secara acak dengan mengandalkan keberuntungan mereka. Metode tersebut dikenal sebagai gacha dan di Jepang ada gacha berhadiah kartu grafis.
 
Dikutip dari WCCF Tech, gacha berisi kartu grafis tersebut disediakan oleh peritel atau merek OEM dari kartu grafis melainkan platform ecommerce Amazon Jepang. Kabar buruknya di dalam mystery box tersebut Anda juga bisa mendapatkan hardware lama apabila kurang beruntung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di situs Amazon Jepang mystery box dengan sistem gacha tersebut dibanderol dengan harga USD100 atau kisaran Rp1,4 juta. Harga ini memang tergolong murah mengingat harga kartu grafis di pasar saat ini bisa menyentuh di atas Rp3 juta.
 
Sistem gacha yang diberlakukan pada mystery box tersebut sangat mirip seperti yang dijumpai di dalam game. Jadi untuk kotak yang berisi kartu grafis terbaru atau mahal persentase kemungkinan untuk mendapatkannya semakin kecil.
 
Informasi yang dirilis menyebutkan bahwa kemungkinan mendapatkan kartu grafis seperti AMD Radeon RX 6000 Series dan Nvidia GeForce RTX 30 Series hanya sekitar dua persen saja. 70 persen isi mystery box diklaim berisi kartu grafis produksi lam termasuk kartu grafis bekas atau second.
 
Apabila konsumen mendapatkan kartu grafis yang diproduksi tiga atau empat tahun lalu maka mereka masih cukup beruntung. Kartu grafis tersebut saat ini harganya ikut meroket di pasar.
 
Meskipun barang yang mereka terima sangat acak sesuai keberuntungan namun dilaporkan bahwa mystery box yang ditawarkan Amazon Jepang laris manis. Saat ini belum ada satupun yang mengisi ulasan mengenai produk ini sehingga belum diketahui siapa yang berhasil mendapatkan kartu grafis paling mahal.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif