Apple setuju untuk memberitahukan konsumen jika update iOS berpotensi memperlambat performa iPhone.
Apple setuju untuk memberitahukan konsumen jika update iOS berpotensi memperlambat performa iPhone.

Apple Setuju Beritahu Pengguna Soal Penurunan Performa

Teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 23 Mei 2019 10:20
Jakarta: Pada tahun lalu, beredar perdebatan terkait dengan keharusan Apple dalam menginformasikan konsumen menyoal update yang memperlambat performa iPhone. Hal ini memicu UK Competition and Markets Authority melakukan investigasi lebih lanjut.
 
Investigasi ini dilaporkan Phone Arena dimulai setelah Apple mengakui bahwa update iOS yang digulirkannya pada akhir tahun 2017 berdampak pada perlambatan performa iPhone model sebelumnya.
 
Setelah satu tahun berselang, pemerintah Inggris dan Apple dilaporkan telah menemukan jalan tengah. Apple secara resmi mengumumkan persetujuannya untuk memberitahukan konsumen saat update iOS berpotensi memperlambat performa iPhone mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pernyataan resmi yang dirilis pemerintah Inggris juga menyebut bahwa Apple setuju untuk menyediakan kemudahan akses pada informasi terkait kesehatan baterai dan insiden nonaktif mendadak dan tidak terprediksi oleh konsumen.
 
Kemudahan akses informasi tersebut telah disediakan Apple pada bulan Maret lalu, bersamaan dengan update software iOS 11.3. Selain kemudahan akses tersebut, Apple juga menyediakan panduan terkait cara yang dapat dilakukan pengguna iPhone untuk mengoptimalkan kesehatan baterai ponsel mereka.
 
Poin yang disetujui Apple ini akan berlaku untuk iPhone yang saat ini tersedia di pasar, serta iPhone yang akan diluncurkannya di masa mendatang. Pemerintah Inggris juga dilaporkan telah mempersiapkan sanksi jika Apple terbukti melanggar janjinya tersebut di masa mendatang.
 
Sebelumnya, Apple diperkirakan akan meluncurkan iOS 13 pada World Developer Conference pada Juni mendatang. Namun, perusahaan itu dikabarkan tidak akan memberikan update untuk iPhone 6, iPhone 6 Plus, dan iPhone SE.
 
Sistem operasi terbaru dari Apple dilaporkan tidak akan tersedia untuk beberapa ponsel yang mendapatkan iOS 12. Selain iPhone 6, 6 Plus, dan SE, beberapa perangkat buatan Apple yang tidak mendapatkan update adalah iPhone 5s. iPad mini 2, dan iPad Air.
 
Sementara itu, nilai saham Apple dilaporkan mengalami penurunan sebesar tiga persen pada hari Senin lalu, setelah HSBC menurunkan target harga perusahaan teknologi itu karena adanya perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.
 
Turunnya saham Apple kemarin ditunjukkan dari penjualan saham Apple yang terjadi di seluruh dunia. Hal ini terjadi setelah Google menghentikan aktivitas bisnis dengan perusahaan telekomunikasi Tiongkok, Huawei.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif