Ilustrasi.
Ilustrasi.

Selama Ramadan, Pembelian Produk Fesyen Muslim Meroket

Teknologi tokopedia e-commerce
Ellavie Ichlasa Amalia • 04 Juni 2019 13:58
Jakarta:Ramadan menjadi waktu ketika Muslim berbondong-bondong untuk memperbaiki ibadah dan perilakunya. Pakaian muslim menjadi salah satu penunjang ibadah. Karena itu, tidak heran jika pada Ramadan, pembelian pakaian muslim naik pesat.
 
Bersama dengan Tokopedia, iPrice menganalisa data transaksi dari lebih dari 200 ribu konsumen fesyen muslim selama Ramadan.
 
Meskipun produk fesyen sering diidentikkan dengan wanita, nyatanya, pertumbuhan aktivitas belanja pria selama Ramadan justru meningkat lebih tinggi. Selama Ramadan, aktivitas belajan produk fesyen muslim pria naik hingga 4,6 kali lipat. Sebagai perbandingan, aktivitas belanja wanita hanya naik 2,5 kali lipat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Walaupun begitu, wanita tetap melakukan lebih banyak transaksi. Sebesar 61,4 persen transaksi di Tokopedia selama Ramadan dilakukan oleh wanita dan 38,6 persen sisanya oleh pria.
 
Selama Ramadan, Pembelian Produk Fesyen Muslim Meroket
 
Dua barang yang paling sering dibeli oleh pria adalah peci dan sarung. Namun, baju koko merupakan atasan yang paling banyak dibeli. Sebanyak 87 persen responden pria membeli baju kok sebagai atasan. Sementara 13 persen lainnya memilih gamis.
 
Di kalangan para wanita, mukena katun dalah produk yang paling banyak dibeli. Penjualan mukena katun naik 3,6 kali lipat. Mukena katun berkontribusi 17 persen pada total fesyen muslim wanita, diikuti oleh kaftan (11 persen), dan gamis polos (8 persen).
 
Jika dibandingkan dengan periode sebelum Ramadan, penjualan pakaian longgar seperti kaftan naik hingga tujuh kali lipat. Sementara soal atasan favorit wanita, gamis adalah atasan yang paling banyak dibeli. Sebanyak 62 persen responden membeli gamis untuk atasan.
 
Selama Ramadan, Pembelian Produk Fesyen Muslim Meroket
 
Selain atasan dan perangkat shalat, penutup kepala juga banyak dicari. Bagi pria, peci adalah penutup kepala favorit. Sementara bagi wanita, hijab instan adalah produk favorit. Survei iPrice dan Tokopedia juga menunjukkan, semakin banyak produk penutup kepala untuk wanita yang tersedia di internet.
 
Di kalangan pembeli wanita, penutup kepala berwarna polos lebih disukai dari yang bermotif ramai dengan perbandingan 94 persen dan 6 persen. Sementara itu, Wadimor masih menjadi merek sarung yang paling digemari, diikuti oleh Gajah Duduk, Atlas, dan Gajah Unggul. Warna sarung favorit adalah hitam.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif