Google mengumumkan fitur baru untuk Google News dan gelaran Google News Initiative tahun kedua.
Google mengumumkan fitur baru untuk Google News dan gelaran Google News Initiative tahun kedua.

Google News Kini Dapat Suguhkan Berita dalam Berbagai Bahasa

Teknologi teknologi google
Lufthi Anggraeni • 01 November 2019 10:23
Jakarta: Google mengumumkan kesiapannya meluncurkan fitur baru pada Google News. Fitur bertajuk Google News Multilingual ini bertujuan menghubungkan pengguna dengan konten dalam dua bahasa.
 
“Berbeda dari versi sebelumnya, dukungan fitur ini dapat menghadirkan pengalaman penggunaan lebih baik, karena bisa menampilkan berita sesuai dengan preferensi bahasa yang mereka dipilih,” ujar Vice President of News at Google Richard Gingras.
 
Fitur yang akan secara resmi mulai dapat dimanfaatkan pengguna pada tanggal 5 November mendatang ini memungkinkan pengguna memilih dua bahasa yang dekat dengan kehidupan sehari-hari mereka pada pengaturan Google News.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan demikian, pengguna dapat memasukan konten dalam dua bahasa secara bersamaan dalam satu aplikasi berita, serta mempelajari budaya dan insiden yang terjadi di negara lain melalui tajuk berita utama.
 
Hal ini memungkinkan pengguna mendapatkan berita dalam, misalnya bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, secara bersamaan. Namun Google menyebut bahwa perusahaannya tengah berupaya memperbaiki dukungannya untuk penerbit dan perusahaan media lokal.
 
Perbaikan ini diharapkan akan memungkinkan konten karya penerbit dan media lokal untuk muncul pada pilihan teratas, sehingga berita terkait suatu negara oleh media lokal dapat memperoleh eksposur yang seharusnya.
 
Perubahan ini juga ditujukan Google untuk memahami secara lebih baik artikel yang merupakan versi orisinal, dan artikel yang merupakan gubahan dengan penambahan opini, guna mendukung penerbit yang mengeluarkan upaya lebih besar dalam memproduksi pemberitaan.
 
Sementara itu, Google menjelaskan bahwa perusahaannya mengelola pemberitaan di situs dengan memberikan peringkat berbasis keabsahan dan relevansi dengan pencarian pengguna. Keseimbangan antara relevansi dan keabsahan juga bergantung pada sifat alami dari pertanyaan pengguna.
 
Selain itu, Google juga mengumumkan penyelenggaraan Google News Initiative Asia Pacific Innovation Challenge tahun kedua. Pada penyelenggaraan ini, Google terfokus pada proyek kreatif yang mengatasi tantangan penciptaan bentuk keterlibatan baru dengan pembaca.
 
Pendaftaran proyek Google News Initiative Asia Pacific Innovation Challenge tahun kedua ini telah dibuka di situs resminya, dan akan berlangsung hingga tanggal 7 Januari 2020. Proyek ini merupakan bagian dari komitmen Google dalam membantu perkembangan bidang jurnalistik di era digital.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif