Intel Iris Xe Max.
Intel Iris Xe Max.

Intel Rilis GPU Diskrit Iris Xe Max, Pesaing NVIDIA MX350

Teknologi teknologi nvidia hardware intel vga
Cahyandaru Kuncorojati • 02 November 2020 17:20
Jakarta: Intel meresmikan langkah perdananya terjun ke industri GPU diskrit. Mereka resmi memperkenalkan Intel Iris Xe Max yang bisa dijumpai sebagai GPU diskrit di seri laptop tipis dan ringan.
 
GPU ini diciptakan dengan arsitektur mikro Xe-LP yang sama seperti digunakan pada Intel Iris Xe di Intel Core Generasi ke-11 sebagai GPU bawaan (integrated) di chipset. Intel Iris Xe Max sendiri disebut memiliki fitur Intel Deep Link yang merupakan bagian dari Intel Adaptix.
 
Fitur tersebut mendukung konektivitas PCIe Gen 4 dan diklaim menyediakan performa untuk kemampuan kreasi konten di laptop tipis dan ringan mengandalkan Intel Iris Xe Max.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari WCCF Tech, Intel Deep Link bekerja dengan menggabungkan GPU integrated, GPU diskrit, dan prosesor untuk membagi beban kerja. Kemampuan Intel Iris Xe Max dengan GPU integrated diklaim menyediakan performa yang lebih unggul dari NVIDIA MX 350 di beban kerja yang sama.
 
Intel Rilis GPU Diskrit Iris Xe Max, Pesaing NVIDIA MX350
 
Intel Xe Max dijelaskan memiliki jumlah execution unit (EU) yang sama dengan versi integrated yaitu Intel Iris Xe tapi dnegan TDP yang lebih besar. jadi Intel Iris Xe Max punya frekuensi lebih cepat yaitu 1,65GHz dan VRAM 4GB
 
Intel mengklaim bahwa penggabungan GPU diskrit di Intel Core Genrasi ke 11 dan Intel iris Xe Max yang menyediakan kemampuan AI bisa memberikan kemampuan kreasi konten berbasis AI dengan kecepatan tujuh kali lebih cepat dari laptop dengan Intel Core i7-1065G7 yang punya GPU NVIDIA MX350.
 
Kemampuan yang sama di Intel Core i7-1165G7 juga diklaim bisa menyediakan proses encode berfitur Hyper Encode dengan kecepatan hingga 1,78 kali lebih cepat dari laptop yang menggunakan Intel Core i9-10980HK memakai NVIDIA RTX 2080 Super MaxQ.
 
Intel Rilis GPU Diskrit Iris Xe Max, Pesaing NVIDIA MX350
 
Di pengalamana bermain game Intel Iris Xe Max juga diklaim bisa menyajikan frame rate lebih tinggi dibandingkan NVIDIA MX350 di seri game populer. Intel menyebut produknya sudah tersedia di beberapa merek seperti Acer Swift 3x, Asus VivoBook Flip TP470 dan Dell Inspiron 15 7000 2 in 1.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif