Sejumlah perangkat terbaru Apple dilaporkan muncul di sertifikasi di Kementerian Perindustrian.
Sejumlah perangkat terbaru Apple dilaporkan muncul di sertifikasi di Kementerian Perindustrian.

Ini Tanda Kehadiran iPad Air 4 dan Apple Watch SE di Indonesia

Teknologi teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 08 Oktober 2020 18:48
Jakarta: Rumor terbaru menyebut bahwa Apple Watch Series 6 dan Watch SE akan dipasarkan di Indonesia. Perangkat yang diluncurkan pada pertengahan bulan September lalu ini akan menyapa konsumen Indonesia bersama dengan iPad Air 4 dan iPad generasi kedelapan.
 
Rumor ini didorong oleh kemunculan sertifikat lolos uji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) nama perangkat tersebut di situs Kementerian Perindustrian (Kemenperin), yang mencantumkan nama perangkat tersebut.
 
Pada tanggal 5 Oktober 2020 lalu, terdapat dua sertifikat yang diajukan oleh PT Apple Indonesia. Sertifikat pertama yang muncul pada situs Kemenperin mencantumkan komputer tablet dengan nomor sertifikasi 929/SJ-IND.8/TKDN/10/2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada sertifikasi ini tercantum nama Apple iPad dengan model A2429, yaitu iPad 8 keluaran tahun 2020, dan Apple iPad Air model A2072 yaitu iPad Air 4. Dan nilai bobot TKDN kedua model komputer ini sebesar 30 persen.
 
Sementara itu, sertifikasi kedua yang mencantumkan smartwatch mengusung nomor sertifikasi 928/SJ-IND.8/TKDN/10/2020. Sertifikasi ini mencantumkan empat model perangkat, terdiri dari dua Apple Watch Series 6 dengan model A2375 dan A2376, dan dua model lainnya yaitu Apple Watch SE model A2355 dan model A2356.
 
Serupa dengan iPad Air, empat smartwatch ini memiliki bobot TKDN sebesar 30 persen. Sayangnya, sertifikat untuk perangkat baru Apple ini belum muncul di situs sertifikasi postel Ditjen SDPPI. Sebagai informasi, Apple Watch SE merupakan versi paling terjangkau dari Apple Watch yang meluncur pada bulan September lalu.
 
iPad Air 4 hadir dengan desain serupa iPad Pro dengan layar berukuran 10,9 inci dan mengusung resolusi 2360 x 1640 piksel, dan tablet ini tidak didukung konektor Lightning. Sebagai gantinya, Apple membekali tablet ini dengan USB-C serupa iPad Pro.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif