Perlambatan iPhone X Kurangi Penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Lufthi Anggraeni 19 Januari 2018 13:06 WIB
apple
Perlambatan iPhone X Kurangi Penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus
Rantai pemasok komponen prediksikan penurunan pesanan komponen iPhone keluaran tahun 2017.
Jakarta: Sumber rantai pemasok komponen memperkirakan pesanan Apple untuk iPhone keluaran tahun 2017, pada kuartal pertama tahun 2018, akan menurun sebesar 15 persen hingga 30 persen, jika dibandingkan dengan kuartal pertama pada umumnya.

Sejumlah pihak juga menyebut bahwa rendahnya pesanan kepada rantai pemasok disebabkan oleh faktor musiman. Salah satu faktor tersebut yaitu hari raya Tahun Baru TIongkok, yang akan menurunkan tingkat operasional pabrik secara signifikan, selama pekan perayaan tersebut berlangsung.

Selain penurunan pesanan komponen, sumber lain di rantai pemasok ini juga mengklaim bahwa penjualan iPhone X mengalami perlambatan, dan berdampak negatif pada penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang menjadi lebih melambat.


Penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dilaporkan kian menurun, dan visibilitas kedua ponsel cerdas ini dipasar diungkapkan rantai pemasok, mengalami kemerosotan sejak kuartal lalu.

Pemasok komponen lain termasuk modul sensor 3D, modul kamera, dan chip memori telah disarankan untuk menurunkan inventori.

Hal ini ditujukan agar pemasok komponen tersebut tidak mengalami kerugian finansial besar saat permintaan pengiriman produk ke perangkat mitra Apple mengalami kemerosotan tajam.

Namun, informasi ini berbeda dari informasi sebelumnya yang mengklaim penjualan Apple iPhone X dan dua smartphone 2017 lain mengalami penjualan yang baik.

Sementara itu hingga saat ini, belum ada kelanjutan kabar terkait tuntutan yang diterima Apple atas terbongkarnya kasus kesengajaan Apple memperlambat performa iPhone. Namun, CEO Apple Tim Cook sudah menjanjikan solusinya.

Mengutip salah satu wawancara Cook dengan media lokal Amerika Serikat ABC News, dia mengatakan bahwa dalam update iOS berikutnya akan tersedia fitur untuk menyelesaikan kasus tersebut.

Fitur ini dijelaskan Cook membuat pengguna iPhone bisa dengan jelas dan mudah mengetahui kondisi baterainya. Pengguna iPhone bisa mengetahui apakah ponsel miliknya diperlambat atau tidak oleh Apple.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.