Selain itu, pemangkasan pegawai ini akan berdampak lebih besar pada sejumlah departemen dibandingkan dengan departemen lain. Sebagai contoh, tim yang mengerjakan cara bagi pengembang untuk membuat aplikasi mini dan game di dalam Snapchat akan sangat terpengaruh.
Zenly, aplikasi pemetaan sosial yang dibeli Snap pada tahun 2017 lalu dan telah beroperasi secara terpisah, juga akan terdampak dari pemangkasan ini. Tim lain yang akan terdampak adalah divisi hardware Snap, yang bertanggung jawab untuk kacamata AR Spectacles dan drone kamera Pixy.
Sebagai pengingat, Snap baru-baru ini menghentikan produksi Pixy meski baru dipasarkan selama beberapa bulan. Organisasi penjualan iklan Snap juga dilaporkan mengalami perubahan struktur, dengan Jeremi Gorman, Chief Business Officer Snap, meninggalkan perusahaan ini dan beralih ke Netflix.
Juru bicara Snap, Russ Caditz-Peck menolak untuk memberikan komentar terkait pemangkasan pegawai ini. Skala pemangkasan ini signifikan, namun dinilai sejumlah pihak tidak mengejutkan, seperti yang dilaporkan oleh The Verge.
Harga saham Snap kehilangan hampir 80 persen dari nilainya sejak awal tahun 2022 ini, dan pada bulan Mei lalu, Snap menyebut akan memperlambat perekrutan pegawai baru dan mencari cara untuk memangkas biaya.
Upaya ini kemudian membuahkan hasil berupa pendapatan kurang baik untuk kuartal kedua, dan Snap menolak untuk membagikan prediksinya terkait pendapatan untuk kuartal ketiga. Serupa perusahaan teknologi lain, Snap merekrut secara agresif selama pandemi.
Snap memasuki bulan Maret 2020 dengan sekitar 3.427 pegawai tetap dan mengakhiri kuartal lalu dengan 6.446 pegawai, meningkat 38 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pada bulan Mei 2021, Snap melakukan akuisisi terbesar dengan membeli WaveOptics, sebesar USD500 juta (Rp7,4 triliun).
WaveOptics merupakan pemasok layar AR yang digunakan pada model Spectacles terbaru. Permasalahannya terletak pada bisnis Snap yang tidak bernasib baik selama pandemi, berkat ketakutan terkait resesi dan kendala yang dihadapinya dalam menavigasi tindakan keras Apple pada pelacakan iklan di seluruh aplikasi iOS.
Basis pengguna Snap terus bertumbuh dengan kuat, saat ini memiliki 347 juta pengguna aktif harian, lebih banyak dibandingkan dengan Twitter, namun berhasil memperoleh profit setelah menjadi perusahaan publik pada tahun 2017.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News