Samsung Galaxy Z Fold4 dan Galaxy Z Flip4
Samsung Galaxy Z Fold4 dan Galaxy Z Flip4

Samsung Resmi Luncurkan Galaxy Z Fold4 dan Galaxy Z Flip4

Mohammad Mamduh • 10 Agustus 2022 23:08
Jakarta: Samsung hari ini mengumumkan generasi terbaru smartphone foldable mereka: Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G.
 
Pada generasi keempatnya ini, seri Galaxy Z diklaim menghadirkan interaksi terbarukan antara smartphone dan penggunanya yang sama sekali berbeda dengan perangkat lainnya untuk keseharian yang lebih bermakna.
 
“Samsung Galaxy Foldable diciptakan dengan berlandaskan pada filosofi kami akan keterbukaan yang memungkinkan lahirnya berbagai kemungkinan baru dengan kustomisasi yang lengkap di bagian dalam maupun luar perangkat,” ujar Dr. TM Roh, President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics.
 
“Berkat fokus yang teguh dan kepemimpinan kami di industri, perangkat foldable kami menerima antusiasme yang terus bertumbuh. Kami sukses mentransformasi sektor ini dari proyek radikal menjadi lini perangkat yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.”
 
Galaxy Z Flip4 5G tetap mengusung desain clamshell ringkas. Pengguna bisa merekam secara hands-free maupun mengambil group selfie secara utuh dari berbagai angle dengan melipat Galaxy Z Flip4 5G sebagian untuk mengaktifkan FlexCam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fitur ini juga bisa dipakai pengguna di beragam aplikasi favorit. Kolaborasi Samsung dengan Meta memungkinkan FlexCam optimal untuk digunakan di Instagram, WhatsApp, dan Facebook.
 
Pengguna pun bisa buat konten dengan cepat, seperti mengambil selfie langsung dari Cover Screen menggunakan kamera utama dengan fitur Quick Shot yang telah dikembangkan. Video juga bisa direkam di mode Quick Shot, bahkan dengan transisi saat beralih ke Flex Mode untuk melanjutkan perekaman secara hands-free tanpa menghentikan video.
 
Pengguna pun sekarang bisa mengambil selfie dalam Portrait Mode dan melihat preview foto dengan rasio sebenarnya menggunakan Quick Shot. Kamera telah ditingkatkan berkat penanaman sensor dengan hasil gambar yang 65 persen lebih terang dan dukungan Snapdragon 8+ Gen 1.
 
Galaxy Z Flip4 5G  juga memungkinkan menelepon, membalas pesan, membuka kunci mobil, hingga mengontrol widget SmartThings Scene, dilakukan di Cover Screen. Kapasitas baterai 3.700 mAh sudah didukung pengisian daya cepat, diklaim baterai terisi hingga 50 persen dalam waktu 30 menit.
 
Desain Galaxy Z Flip4 5G disebutkan punya engsel yang lebih ramping, tepi bodi yang diluruskan, serta bodi kaca beraksen hazed yang kontras dengan rangka metal yang glossy.
 
Pengguna juga bisa melakukan kustomisasi secara utuh pada Galaxy Z Flip4 5G dengan Galaxy Themes pada Cover Screen dan Main Screen yang dilengkapi font, icon, dan desain senada.
 
Kemudian Galaxy Z Fold4 5G, smartphone pertama yang diklaim menjalankan OS Android 12L. Ini adalah sistem operasi khusus yang dirancang untuk perangkat layar besar, termasul foldable. 
 
Salah satu kemampuan utama smartphone ini adalah multitasking. Fitur Taskbar baru menawarkan layout layaknya PC untuk akses langsung ke aplikasi favorit dan aplikasi yang baru digunakan.
 
Perangkat ini pun memberikan pengalaman multitasking yang lebih intuitif berkat swipe gesture terbaru. Pengguna bisa beralih dari tampilan full screen ke pop-up windows maupun split screen secara instan dalam menikmati lebih banyak cara untuk multitasking.
 
Berbagai aplikasi Google seperti Chrome dan Gmail kini mendukung fitur drag-and-drop, jadi pengguna bisa copy-paste teks hingga foto dengan lebih cepat dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.
 
Lewat Google Meet, kini pengguna bisa terhubung dengan lebih banyak orang sembari melakukan aktivitas virtual lainnya secara bersama-sama, seperti menonton video di YouTube ataupun main game bareng saat video call.
 
Pengguna pun bisa menggunakan Microsoft Office dan Outlook dengan lebih maksimal berkat lebih banyak informasi pada layar dan interaksi yang cepat dengan konten yang ditampilkan.
 
Pengalaman multitasking pun menjadi lengkap dengan dukungan S Pen yang memungkinkan pengguna menggambar hingga mencatat dengan nyaman bahkan saat dalam perjalanan, ditambah dengan penyimpanan yang efisien menggunakan Standing Cover with Pen case.
 
Galaxy Z Fold4 5G punya kamera lensa wide 50MP dan fitur 30x Space Zoom. Berbagai mode kamera di perangkat ini, termasuk peta Zoom yang lebih besar pada Capture View Mode, Dual Preview, dan Rear Cam Selfie, dibuat khusus untuk memaksimalkan form factor unik.
 
Sensor dengan hasil gambar yang 23 persen lebih cerah agar bisa mendapat gambar yang jernih bahkan saat malam hari. Untuk layarnya, smartphone ini mengusung ukurang 7,6 inci refresh rate 120Hz, serta Under Display Camera (UDC) yang semakin tersembunyi lewat pengaturan piksel terbarukan.
 
Aplikasi media sosial seperti Facebook telah dioptimalkan untuk tampilan yang lebih tepat.  Aplikasi seperti Netflix bisa ditonton dengan Flex Mode. Ia mengadopsi Snapdragon 8+ Gen 1.  
 
Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G tersedia melalui pre-order mulai 10 Agustus dan akan tersedia secara langsung mulai 26 Agustus di sejumlah negara.
 
Galaxy Z Flip4 5G tersedia dengan harga mulai dari Rp13.999.000, Galaxy Z Fold4 5G tersedia dengan harga mulai Rp24.999.000, dan Galaxy Buds2 Pro tersedia dengan harga mulai dari Rp2.799.000.
 
Pelanggan yang melakukan pre-order Galaxy Z Flip4 5G maupun Galaxy Z Fold4 5G akan menerima paket Samsung Care+ selama setahun yang memberikan perlindungan terhadap perangkat yang jatuh dan layar yang retak dengan dukungan yang tersedia di 51 negara.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif