Zoom dilaporkan menggulirkan update untuk software Mac karyanya, untuk perbaiki celah keamanan.
Zoom dilaporkan menggulirkan update untuk software Mac karyanya, untuk perbaiki celah keamanan.

Zoom Perbaiki Celah Keamanan Terkait Mac

Lufthi Anggraeni • 16 Agustus 2022 11:12
Jakarta: Pengguna Zoom di perangkat Mac kini dapat sedikit bernafas lega, sebab Zoom dilaporkan menggulirkan update untuk software Mac karyanya untuk menambal kerentanan yang memungkinkan penyusup untuk mengambil alih kendali sistem.
 
Mengutip Engadget, Software auto-updater layanan konferensi video ini tidak hanya memiliki akses level-root, tapi juga sistem verifikasi khas yang dapat dikelabui pengguna dengan memberikan paket dengan nama file serupa.
 
Peretas dapat memaksa aplikasi pengguna untuk melakukan downgrade atau tidak dapat mengaktifkan eksploit. Sebagai pengingat, kreator Objective-See Foundation (OSF) dan peneliti Patrick Wardle menjadi pihak pertama yang menemukan celah keamanan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wardle mengungkapkan temuannya kepada Zoom pada bulan Desember 2022 lalu. Zoom memperbaiki permasalahan ini, namun memperkenalkan bug lain dalam prosesnya. Zoom juga telah menyediakan solusi untuk bug ini, namun Wardle masih menemukan celah lainnya.
 
Pendiri OSF ini mendiskusikan temuannya pada ajang Def-Con yang dihelat pada pekan lalu. Zoom telah mengetahui permasalahan tersebut pada hari itu, dan merilis patch satu hari setelah diskusi tersebut.
 
Ini bukan kali pertama Zoom bergulat dengan permasalahan keamanan, termasuk pada perangkat Mac. Pada tahun 2019 lalu, Zoom berlomba untuk memperbaiki eksploit pembajakan webcam yang mengandalkan server web yang diciptakan secara lokal.
 
Pengawasan Zoom lebih ketat telah dilakukan sejak awal pandemi Covid-19 pada musim seri 2022 lalu juga menyebabkan review skala penuh dari praktik yang dilakukan perusahaan layanan konferensi video tersebut.
 
Sebelumnya, Zoom Video Communications mengumumkan ketersediaan Bahasa Indonesia untuk Zoom Meeting dan Zoom Webinar, melengkapi 13 bahasa lainnya yang telah lebih dulu tersedia di platform ini.
 
Banyaknya pengguna Indonesia yang mengandalkan Zoom Meeting dan Zoom Webinar untuk berkolaborasi diklaim mendorong Zoom untuk menciptakan platform yang lebih inklusif, sehingga para pengguna dapat bekerja, belajar, dan terhubung tanpa hambatan, apa pun bahasa yang digunakan.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif