Solusi layanan ERP adalah IT tools dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Dengan sistem ERP sebuah industri dapat dijalankan secara optimal dan dapat mengurangi biaya operasional yang tidak efisien, seperti biaya inventory (slow moving part, dan lain-lain), biaya kerugian akibat ‘machine fault’ dan lain-lain bahkan untuk mendukung penerapan konsep JIT (Just In Time) dimana produksi benar-benar disediakan hanya pada saat diperlukan (fast moving).
Modul yang di-deliver dalam proyek ini tergolong lengkap, yaitu modul Finance, Produksi, HR, Sales & Marketing, serta Dashboard & Reporting.
Dalam sambutannya, Siti Choiriana mengatakan, “Best practice ERP ‘proven implemented’ di beberapa perusahaan terkenal di Indonesia dan sebagai sebuah aplikasi ERP tepat digunakan untuk PT Garam karena dapat mengurangi proses administratif, mendukung cost reduction dan peningkatan produktivitas."
“Tantangan yang kemungkinan akan dihadapi adalah perubahan proses kerja sesuai sistem ERP. Oleh karenanya diperlukan kerjasama yang baik dari pihak Garam dan dibutuhkan fase Blue Print di mana kedua belah pihak bekerjasama untuk menyepakati business proses yang akan diimplementasikan. Komitmen kami adalah untuk mengawal sisi delivery layanan sehingga proyek ini dapat terimplementasi sesuai dengan time plan,” tambah Siti Choiriana.
Pada kesempatan berbeda, Direktur Enteprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin menyampaikan harapannya.
"Dengan suksesnya implementasi ERP ini, maka PT Garam akan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas garam bahan baku dan garam olahan untuk mewujudkan kedaulatan garam nasional sehingga dapat lebih memberikan sumbangsih kepada pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional," ucap Muhammad Awaluddin.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News