NEWSTICKER
Petisi kepada Samsung di Change.org.
Petisi kepada Samsung di Change.org.

Samsung Kena Petisi Agar Pakai Snapdragon

Teknologi teknologi samsung hardware qualcomm
Cahyandaru Kuncorojati • 22 Maret 2020 15:13
Jakarta: Samsung dilaporkan menerima petisi dari pengguna setia produknya. Menariknya bukan karena mereka merasa dirugikan melainkan menuntut keadilan bagi pengguna di seluruh benua. Petisi ini terkait perbedaan spesifikasi yang dibuat oleh Samsung.
 
Dilaporkan bahwa sebuah petisi di platform Change.org ditujukan kepada Samsung sudah ditanda tangani oleh lebih dari 9.500 akun pengguna Change.org dengan target mencapai 10.000 suara. Petisi ini dibuat oleh akun bernama Daniel H yang berasal dari Birmingham, Inggris.
 
Petisi ini berisi tuntutan kepada Samsung untuk berhenti menggunakan chipset buatan mereka sendiri yaitu Exynos di jajaran smartphone kelas atas dan menengah. Dia menuntu Samsung menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon di perangkatnya tanpa membedakan produk di beberapa benua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diketahui bahwa hal ini sudah dilakukan Samsung sejak lama. Di kawasan Asia dan Eropa, smartphone Samsung dirilis menggunakan Exynos. Hanya smartphone Samsung untuk pasar Amerika Serikat yang menggunakan Qualcomm Snapdragon.
 
Tidak diketahui alasannya, beberapa pihak menilai ini strategi Samsung untuk bisa membuat harga smartphone mereka lebih murah dengan menggunakan Exynos. Namun, sudah sejak lama pengguna mengetahui bahwa performa Exynos lebis rendah dibandingkan Snapdragon.
 
"Smartphone dengan chipset Exynos menujukan performa lebih rendah, daya tahan baterai lebih singkat, kemampuan pemrosesan dan sensor kamera inferior (lebih rendah), overheat (panas), dan lebih cepat mengalami throttling, dan isu lainnya," tulis Daniel.
 
Exynos sendiri menjadi kebanggaan Samsung karena chipset ini merupakan karya dari divisi bisnis mereka yang lain yaitu Samsung Foundries yang merupakan produsen semikonduktor besar selain Qualcomm, MediaTek, dan Huawei di pasar chipset smartphone.
 
"Samsung juga menggunakan sensor kamera buatannya sendiri, sementara di Amerika Serikat mereka menggunakan komponen dari Sony," imbuh Daniel dalam petisinya. Dia meyakini produk Samsung di luar Amerika Serikat memiliki spesifikasi lebih rendah atau inferior.
 
Daniel ingin agar Samsung lebih transparan dan adil. Dia tidak ingin konsumen dengan perangkat yang menggunakan chipset Exynos harus membayar harga yang sama atau lebih dibandingkan konsumen dengan perangkat di pasar Amerika Serikat.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif