Ilustrasi. (Unsplash/Alexander Andrews)
Ilustrasi. (Unsplash/Alexander Andrews)

Pandemi Covid-19 Ikut Usik Industri Kamera

Teknologi teknologi Virus Korona sony canon fujifilm
Cahyandaru Kuncorojati • 30 Maret 2020 10:48
Jakarta: Bukan cuma industri gadget yang dipastikan bermasalah akibat pandemi Covid-19. Industri perangkat kamera juga dikabarkan ikut terusik.
 
Sama seperti industr teknologi lainnya, masalah seperti pasokan komponen dan produksi kamera ikut terhambat akibat pandemi di berbagai negara. Ditambah, sebagian besar merek kamera ini berada di Jepang.
 
Dikutip dari Digital Trends, kebanyakan markas besar merek kamera berada di Jepang, dan fasilitas produksi yang dimilki berada di Tiongkok. Jadi operasional bisnis maupun produksi perangkat sama-sama terganggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa merek sudah menyatakan bahwa produksi perangkat terbaru atau yang tersedia di pasar akan menjadi terlambat dari waktu rilis yang dittentukan.
 
Permasalahannya tidak berhenti sampai di sini. Merek seperti Fujifilm dan Canon sudah berkomitmen kepada negaranya untuk mengalihkan produksinya untuk kebutuhan medis. Dampaknya secara bisnis, merek tersebut akan mengalami kerugian.
 
Konsumen yang berencana membeli lensa baru maupun melakukan perbaikan kamera mungkin akan mengalami masalah untuk saat ini. Ecommerce seperti Amazon juga memprioritaskan pengiriman pesanan seperti barang yang penting atau berkaitan dengan medis.
 
Sony sudah menutup sementara pabrik di Malaysia, sehingga suplai produk untuk kawasan tersbeut mungkin akan terganggu. Laporan finansial Sony disebut mengalami penurunan di penjualan lensa dan komponen sensor.
 
Nikon, Canon, dan Fujifilm juga sudah menyatakan bahwa kehadiran produk terbarunya akan telat dari tanggal yang ditargetkan. Batalnya acara Olimpiade 2020 juga membuat penjualan lensa tele dan profesional menjadi melesu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif