Perbanyak dan Perluas 4G, Cara XL Sambut Lebaran dan Mudik

Cahyandaru Kuncorojati 05 Juni 2018 14:11 WIB
xltelekomunikasi
Perbanyak dan Perluas 4G, Cara XL Sambut Lebaran dan Mudik
Presentasi kesiapan jaringan XL Axiata mengahdapi momen Lebaran 2018 dan mudik.
Jakarta: Pentingnya layanan komunikasi terutama layanan digital atau koneksi internet membuat perusahaan telekomunikasi harus lebih bersiap menyambut momen Lebaran dan mudik yang sebentar lagi berlangsung di Tanah Air.

Kedua momen ini tiap tahunnya oleh para perusahaan telekomunikasi atau operator seluler akrab sebagai momen trafik layanan telekomunikasi meningkat drastis. Apalagi, beberapa tahun belakangan layanan digital yang diaskes lewat akses internet meningkat drastis.

"Untuk Lebaran tahun ini, kami sudah berkomitmen untuk bisa menyajikan tiga hal dalam layanan akses digital, yaitu jadi lebih luas, lebih cepat, dan lebih nyaman," ungkap Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya sambil memaparkan presentasi dalam acara buka bersama kemarin di Seribu Rasa, Jakarta.


Yessi menuturkan bahwa XL sudah menambahkan 8.500 BTS baru yang bisa menampung trafik 3G/4G sebelum momen Lebaran 2018, dia mengklaim bahwa XL sudah menjangkau 93 persen populasi Indonesia termasuk kabupaten dan kecamanan di luar Jawa.

Beberapa teknologi yang disebut untuk menjamin kualitas layanan XL selama momen Lebaran 2018 dan mudik yaitu Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G, dan teknologi 4.5G.

XL sendiri menyebut layanan 4.5G sudah tersedia di sekitar 100 kota dan di dalamnya diimpelentasikan teknologi LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM, serta 4T4R 4X4 MIMO.

Untuk coverage jaringan XL di kawasan Pulau Jawa menjelang dua momen tadi, Yessy menjelaskan bahwa 97 persen area sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya itu sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE.

Selain itu, jaringan 4G LTE XL diklaim sudah melingkupi 94 persen area sepanjang jalur mudik utama Sumatera dan 66 persen area jalur mudik di Kalimantan.

XL Axiata juga meningkatkan kapasitas radio transmisi dan menempatkan sedikitnya 49 unit mobile BTS untuk area yang rawan lonjakan trafik seperti fasilitas publik dan tujuan wisata.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.