Hardware kartu grafis diskrit buatan Gigabyte.
Hardware kartu grafis diskrit buatan Gigabyte.

Merek Gigabyte Diboikot di Tiongkok, Hina Kualitas Produksi

Teknologi teknologi hardware gigabyte
Cahyandaru Kuncorojati • 16 Mei 2021 12:46
Jakarta: Bagi penggemar hardware PC termasuk laptop gaming nama Gigabyte masih akrab di Indonesia. Meskipun seri laptop mereka sudah lama tidak dipromosikan oleh distributor setempat namun merek asal Taiwan ini terkenal memiliki produk yang cukup berkualitas.
 
Sayangnya, Gigabyte harus bersikap lebih baik di pasar Tiongkok termasuk membuat permintaan maaf apabila mereka tidak mau produknya diboikot di pasar Tiongkok. Kondisi ini bukan disebabkan ketegangan politik antara Tiongkok dan Taiwan melainkan kesalahan dalam pembuatan konten iklan.
 
Dikutip dari South China Morning Post, Gigabyte dalam sebuah iklan produk laptop buatannya menyatakan bahwa kualitas produk di Tiongkok buruk. Hal ini diungkapkan setelah mereka menyatakan tetap memproduksi semua produknya di manufaktur Taiwan demi menjaga kontrol kualitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tidak seperti merek lain yang memilih kontrak manufaktur murah dan kualitas rendah di Tiongkok, Gigabyte Technology berkomitmen menciptakan produk komponen dan laptop berkualitas dan performa tinggi,” tulis sebuah iklan di situs Gigabyte yang kini sudah dihapus.
 
“Sebagai merek produsen laptop dan komponen yang berbasis di Taiwan kami memastikan 90 persen semua laptop kami diproduksi lokal di Taiwan,” tulis Gigabyte di iklan tersebut. Hal tersebut ternyata diketahui organisasi Communist Youth league of China yang berafiliasi dengan partai dan pemerintah berkuasa di Tiongkok.
 
Hal tersebut langsung dibagikan dalam bentuk screenshot di media sosial Weibo yang populer di Tiongkok. Akun media sosial mereka kebetulan memiliki pengikut sebanyak 16 juta follower. 
 
Makanya hal ini langsung ramai dan dikabarkan Gigabyte langsung membuat permohonan maaf serta mendukung pandangan politik One China yang digaungkan Tiongkok ke Taiwan.
 
Terlanjur menyulut amarah maka pencarian produk Gigabyte di ecommerce Tiongkok tidak ditemukan sama sekali menurut laporan South China Morning Post, termasuk JD.com dan Alibaba.Harga saham Gigabyte Technology juga dilaporkan jatuh hingga 20 persen.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif