Menkominfo Johnny G. Plate.
Menkominfo Johnny G. Plate.

Ini Pemenang Seleksi Multiplexing Siaran TV Digital di 22 Provinsi

Teknologi Kominfo teknologi telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 27 April 2021 11:40
Jakarta: Migrasi dari televisi analog ke siaran televisi digital lewat implementasi analog switch off (ASO) yang digagas oleh Kementerian Kominfo terus menunjukan kesiapannya. Mereka baru saja mengumumkan pemenang seleksi penyelenggara multiplexing untuk siaran televisi digital di 22 provinsi seluruh Indonesia.
 
Multiplexing akan menyediakan kesempatan bagi lembaga penyiaran swasta yang masih berada di area siaran analog untuk bermigrasi ke siaran televisi digital di sejumlah daerah. Jadi mereka akan diberikan bandwidth atau slot untuk menggelar siaran televisi digital.
 
Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan pemerintah meyakini lembaga penyiaran swasta yang ditetapkan oleh panitia seleksi untuk menjadi penyelenggara multipleksing adalah mereka yang mempunyai kemampuan dalam mendukung implementasi migrasi TV digital dan ASO

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua Tim Evaluasi dan Seleksi Penyelenggara Mutipleksi Siaran Televisi Digital Terestrial Marvels P. Situmorang menyebutkan dari 13 lembaga penyiaran swasta yang mendaftar terdapat sembilan yang melengkapi dokumen keikutsertaannya.
 
“Penilaian dokumen permohonan telah mempertimbangkan berbagai aspek bisnis dan teknis untuk menghasilkan penilaian yang menyeluruh,” ungkap Marvels.
 
“Hal ini meliputi kemampuan pendanaan untuk membangun multipleksing sampai dengan kemampuan untuk menyelesaikan pembangunan multipleksing sesuai dengan jangka waktu dan memenuhi persyaratan teknis dalam pengoperasian multipleksing agar dapat diandalkan dalam persiapan menghadapi ASO,” tandasnya.
 
MetroTV termasuk dalam salah satu lembaga penyiaran swasta yang mendapatkan kesempatan dan dinyatakan siap untuk memanfaatkan multiplexing menggelar siaran televisi digital di sejumlah wilayah yaitu Sumatera Barat, Lampung, Kep. Bangka Belitung, Bali, NTT, NTB, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.
 
Menteri Johnny menyatakan lembaga penyiaran swasta, lokal dan komunitas yang tidak menjadi penyelenggara multipleksing tetap bisa menerapkan siaran digital dengan menggunakan 50 persen slot yang dikelola oleh pemerintah melalui pemenang dan slot multipleksing yang dikelola oleh TVRI.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif