Alipay mengumumkan tiga startup finalis Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge asal Indonesia.
Alipay mengumumkan tiga startup finalis Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge asal Indonesia.

3 Startup Indonesia Jadi Finalis Kompetisi Alipay-NUS

Teknologi startup
Lufthi Anggraeni • 18 Maret 2019 18:34
Jakarta: Alipay mengumumkan tiga startup finalis Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge asal Indonesia. Ketiga startup tersebut yaitu Amalan International, Aruna, dan Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB).
 
Alipay menyebut ketiga startup ini dipilih berkat kemampuan dan potensi untuk memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan kualitas hidup. Sebagai informasi, Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge diluncurkan pada bulan November 2018.
 
Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendukung pertumbuhan startup di Asia Tenggara yang menggunakan teknologi digital untuk membangun masyarakat yang inklusif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masing-masing finalis akan menerima hadiah uang tunai USD10.000 (Rp142,3 juta) guna mendukung perkembangan masa depan startup mereka, dan melaju ke tahap kompetisi berikutnya. Sementara itu, ajang grand final akan diadakan pada bulan April 2019 mendatang.
 
Ajang grand final ini akan mempertemukan para finalis Indonesia untuk bersaing dengan finalis dari Malaysia dan Singapura. Peserta ajang kompetisi tersebut berpeluang untuk memperoleh hadiah utama sebesar USD50.000 (Rp711,8 juta).
 
Finalis dari Indonesia, Singapura, dan Malaysia dipilih melalui proses penilaian
ketat yang terdiri dari evaluasi berdasarkan pada lima kriteria, yaitu inovasi, dampak
sosial, potensi pasar, model ekonomi dan kekuatan tim.
 
Maisng-masing kontestan dinilai terkait cara mereka dalam menggunakan teknologi digital untuk menyelesaikan tantangan lintas sektor termasuk layanan keuangan, pertanian, kesehatan dan kesejahteraan, pendidikan dan pelatihan, makanan dan minuman, energi dan lingkungan, logistik dan transportasi, serta komunikasi.
 
Finalis juga disebut akan menerima dukungan bimbingan dan inkubasi dari NUS Enterprise untuk jangka waktu tiga bulan, akses terhadap BLOCK71, serta akan dapat mengikuti program 10x1000 Tech for Inclusion, yang diselenggarakan bersama oleh International Financial Corporation (“IFC”), bagian dari World Bank Group, dan Alipay.
 
Program pelatihan komprehensif ini akan mendukung pengembangan 1.000 pakar teknologi di pasar negara berkembang, baik dari sektor publik maupun swasta, selama 10 tahun ke depan.
 
Sebagai informasi, Amalan International merupakan social enterprise yang membantu masyarakat Indonesia yang kesulitan untuk membayar hutang bulanan, agar lebih cepat lepas dari jerat hutang.
 
Aruna adalah startup digital yang mengembangkan e-commerce untuk membantu komunitas nelayan di Indonesia terhubung dengan para pembeli skala besar, sehingga dapat menciptakan perdagangan ikan yang efisien, adil, dan transparan bagi semua pihak.
 
Sementara itu, Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) memanfaatkan teknologi berbasis hardware dan software untuk mengembangkan solusi pertanian cerdas dalam rangka membantu jutaan petani untuk meningkatkan hasil panen, mencegah serangan hama dan penyakit tanaman, memperoleh harga pasar yang lebih baik, dan mendapatkan dukungan permodalan untuk usaha tani.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif