Google mengumumkan layanan YouTube Music dengan dukungan iklan akan tersedia di Google Home.
Google mengumumkan layanan YouTube Music dengan dukungan iklan akan tersedia di Google Home.

YouTube Music Meluncur di Google Home

Teknologi youtube
Lufthi Anggraeni • 19 April 2019 10:15
Jakarta: YouTube Music akan segera tersedia di speaker cerdas yang didukung oleh asisten digital karya Google, Google Assistant. Google mengumumkan bahwa layanan streaming dengan dukungan iklan akan tersedia di Google Home dan Pixel Buds.
 
Tidak hanya pada produk karya Google, YouTube Music juga disebut Google juga akan tersedia di produk karya Sonos, Bose, Polk dan produsen pihak ketiga lainnya. VentureBeat melaporkan mulai 18 April, layanan tersebut telah tersedia pada perangkat di sejumlah negara di Amerika Utara dan Eropa.
 
Negara tersebut termasuk Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Australia, Inggris Raya, Irlandia, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Norwegia, Denmark, Jepang, Belanda, dan Austria. Layanan YouTube Music disebut akan akan segera digulirkan ke lebih banyak negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mulai menggunakan layanan ini, pengguna harus mengakses layar Account Settings di aplikasi Google Home, lalu ketuk Services and Music. Kemudian, pilih YouTube Music sebagai layanan musik default.
 
Pada speaker Google Home baru, pengguna harus memilih YouTube Music sebagai layanan default pada pengaturan. Pengguna mampu memutar lagu sesuai dengan genre yang diinginkan melalui perintah suara.
 
Namun, pemanfaatan layanan YouTube Music di Google Home memiliki sejumlah batasan. Speaker cerdas ini hanya akan memutar musik yang sangat terkait dengan album, lagu atau daftar putar lagu yang dipinta pengguna,
 
Selain itu, layanan ini belum berbekal kemampuan untuk mengulangi lagu atau melewati ke lagu selanjutnya lebih dari enam kali per jam. Pengguna juga dapat mengganti stasiun radio, dan menyampaikan tanda suka melalui ikon jempol ke atas, atau jempol ke bawah untuk sebaliknya, pada lagu via perintah suara.
 
Hal ini bertolak belakang dengan layanan YouTube Music Premium Plan berbayar sebesar USD9.99 (Rp140,374) per bulan. Layanan ini didukung kemampuan untuk meminta album, lagu, seniman, dan daftar putar spesifik, serta menawarkan kemampuan melewati dan memutar ulang lagu tanpa batas.
 
YouTube Music Premium memungkinkan pengguna memutar lagi di latar belakang melalui aplikasi YouTube Music sembari menggunakan aplikasi lain, atau mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline.
 
Ekspansi YouTube ini disebut menjadi langkah untuk menghadapi persaingan dari layanan versi gratis Amazon. Sebelumnya, Amazon dilaporkan tengah berdiskusi untuk meluncurkan layanan karyanya dengan katalog terbatas melalui speaker Echo yang mendukung kemampuan menerima perintah suara.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif