Google mengumumkan penghematan konsumsi daya baterai pada aplikasi pengguna fitur Dark Mode.
Google mengumumkan penghematan konsumsi daya baterai pada aplikasi pengguna fitur Dark Mode.

Google Dorong Pengembang Aplikasi Pasang Dark Mode

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 09 November 2018 13:41
Jakarta: Google telah menambahkan fitur Dark Mode pada sejumlah aplikasi Android karyanya pada tahun ini.
 
Salah satu alasan Google menghadirkan fitur ini adalah untuk mencegah latar belakang berwarna putih menyebabkan ketidaknyamanan pada mata pengguna.
 
Alasan lainnya adalah bahwa model Android dengan panel AMOLED dapat menghemat lebih banyak daya baterai saat Dark Mode diaktifkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi pengguna yang belum familiar dengan Dark Mode, pengaturan antarmuka pengguna ini mengubah layar dari teks hitam dengan latar putih menjadi sebaliknya.
 
Selama penyelenggaraan ajang Android Dev Summit, Google memberitahukan pengembang yang hadir bahwa dengan menambahkan Dark Mode pada aplikasi akan menghasilkan penghematan daya tahan baterai signifikan, melalui bagan yang ditampilkan pada acara tersebut.
 
Bagan ini mengklaim bahwa pada kecerahan layar 50 persen, YouTube dengan Dark Mode aktif mengonsumsi daya baterai 14 persen lebih sedikit jika dibandingkan dengan penggunaan aplikasi dengan mode normal.
 
Pada kecerahan 100 persen, konsumsi daya baterai sebesar 60 persen lebih sedikit saat aplikasi menggunakan Dark Mode.
 
Google turut menampilkan bagan lain dengan konsumsi daya baterai aplikasi pada mode reguler, menampilkan screenshoot Google Maps dengan kecerahan maksimal yang mengonsumsi daya baterai hingga 250 mA, pada layar AMOLED perangkat Pixel.
 
Data tersebut dibandingkan dengan penggunaan Google Maps pada layar AMOLED Apple iPhone 7 dengan konsumsi daya hingga 230 mA. Namun dengan Dark Mode aktif, konsumsi daya pada ponsel Pixel menurun sebesar 63 persen menjadi 92mA.
 
Sementara itu, bagan lain menampilkan konsumsi daya pada perangkat Pixel keluaran tahun 2016. Pada kecerahan layar maksimal, ponsel Pixel tersebut mengonsumsi daya sebesar 330mA, menurun hingga 60mA saat layar menggunakan Dark Mode.
 
Layar AMOLED tidak membutuhkan pencahayaan di latar belakang, berbeda dengan panel layar LCD. Karenanya dengan layar AMOLED, warna hitam berarti tidak mengaktifkan piksel berwana biru, hijau ataupun merah.
 
Tidak hanya menghemat konsumsi daya, penggunaan Dark Mode juga diklaim memungkinkan kontras layar menjadi lebih tajam.
 
Ketajaman kontras layar ini bermanfaat saat membaca teks pada latar belakang berwarna hitam di layar berpanel AMOLED.
 
Melalui pemberitahuan ini, Google seolah menolak untuk disalahkan secara penuh terkait dengan menghadirkan desain dengan latar berwarna putih pada Material Design karyanya.
 
Karenanya, Google mencoba membantu mengurangi potensi kelelahan mata akibat layar terlalu terang serta menghemat daya baterai dengan menawarkan Dark Modes pada sejumlah aplikasi karyanya. Google mengaku akan terus menjadikan Dark Mode sebagai tren di masa mendatang.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif