Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.
Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.

Kesiapan Telkomsel Hadapi Ramadan

Teknologi telkomsel telekomunikasi
Ellavie Ichlasa Amalia • 02 Mei 2019 17:29
Jakarta:Periode Ramadan dan Idul Fitri adalah waktu yang sibuk bagi operator telekomunikasi. Untuk menghadapi lonjakan trafik dan perpindahan trafik karena mudik, Telkomsel membangun 10 ribu BTS LTE di seluruh Indonesia.
 
"Pada momen Ramadan dan Idul Fitri, keandalan jaringan dan layanan Telkomsel diuji. Umumnya, penggunaan layanan komunikasi lebih tinggi dari biasa," kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.
 
Telkomsel memperkirakan, pada Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, akan terajdi lonjakan trafik sebesar 21 persen dari hari biasa. Jika dibandingkan dengan periode tahun lalu, lonjakan akan mencapai 66 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diduga, karena pemudik dan wisatawan kini semakin aktif menggunakan data. Meningkatnya trafik data akan dipicu oleh orang-orang yang mengunggah foto dan video ketika mereka ada di lokasi wisata atau mudik.
 
Selain itu, mereka juga cenderung aktif menggunakan meida sosial dan aplikasi pesan instan. Internet juga biasanya digunakan untuk mengakses informasi tentang lokasi mudik atau wisata selain sebagai hiburan.
 
Sementara itu, trafik panggilan suara dan SMS justru diperkirakan turun. Panggilan suara diperkirakan akan turun 10 persen sementara SMS 2 persen jika dibandingkan dengan hari biasa. Telkomsel mengaku bahwa mereka tidak heran, mengingat pelanggan kini semakin aktif menggunakan aplikasi digital.
 
Persiapan lain yang Telkomsel lakukan adalah meningkatkan kapasitas, mengoperasikan 70 mobile BTS, serta menambah kapasitas gateway internet sebesar 15 persen menjadi 4.700 GBps. Telkomsel juga meningkatkan kapasitas sistem IT layanan serta layanan isi ualng pulsa.
 
Telkomsel juga mengoptimalkan jaringan mereka di jalur tol dan jalan utama, termasuk 16 ruas tol di Sumatera dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru. Pelanggan yang ada di ruas jalan tol itu akan dilayani oleh 2.226 BTS, sebanyak 666 diantaranya adalah BTS 4G.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif