Ilustrasi YouTube.
Ilustrasi YouTube.

Youtube Uji Coba Fitur Smart Download, Pengguna Bisa Unduh Video Gratis

Teknologi youtube teknologi YouTube Music
Cindy • 15 Januari 2022 19:00
Jakarta: Youtube diketahui tengah menguji coba fitur baru Smart Download di Android. Fitur ini memungkinkan pengguna mengunduh video secara otomatis saat perangkat terhubung ke Wi-Fi. 
 
Fitur ini sudah terlebih dahulu diterapkan pada Youtube Music. Pengguna dapat mendengarkan beberapa musik yang diunduh secara otomatis usai ponsel terhubung dengan Wi-Fi. Fitur membantu pengguna menghemat pemakaian data seluler.
 
Mengutip XDA Developers, pengguna yang mengaktifkan fitur Smart Downloads di Youtube-nya akan secara otomatis mendapatkan beberapa video setelah terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Kemampuan ini berfungsi untuk mengunduh 20 video secara otomatis setiap minggunya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bocah dari Seluruh Dunia Bersatu, Lagu Baby Shark Pecahkan Rekor YouTube
 
Hasil unduhan ini akan muncul di halaman unduhan yang ada di tab "Download". Video bisa ditonton secara offline tanpa perlu menggunakan data seluler. Video yang terunduh secara otomatis disesuaikan dengan algoritma video yang direkomendasikan oleh Youtube untuk pengguna. 
 
Algoritma ini memperhitungkan riwayat tontonan Anda hingga genre konten yang Anda nikmati. Sehingga, Anda dapat menikmati hasil rekomendasi video yang khusus dipersonalisasi untuk Anda. 
 
Saat ini, fitur Smart Download tengah diuji coba di Eropa. Para pengguna telah diminta mengaktifkan fitur tersebut. Fitur diharapkan dapat membantu pengguna yang memiliki kuota terbatas atau mereka yang berada di area dengan jangkauan sinyal buruk. 
 
Youtube juga akan meminta pengguna yang memiliki penyimpanan ponsel sedikit untuk menambahkan memori tambahan. Ini agar unduhan otomatis dapat terus dilanjutkan. Fitur Smart Download ini baru bisa berfungsi pada sistem operasi Android 12 dan pengguna Youtube Premium. 
 
Baca: YouTube Dicap sebagai Sarang Hoaks oleh Koalisi Pemeriksa Fakta Dunia
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif