TikTok kembali menggelar Kelas Bisnis MajuBarengTikTok 2024 pada tanggal 17 Juli hingga 18 Juli.
TikTok kembali menggelar Kelas Bisnis MajuBarengTikTok 2024 pada tanggal 17 Juli hingga 18 Juli.

TikTok Kembali Helat Kelas Bisnis MajuBarengTikTok Kedua di 2024

Lufthi Anggraeni • 19 Juli 2024 07:15
Jakarta: TikTok kembali menggelar Kelas Bisnis MajuBarengTikTok kedua pada tahun 2024 ini, berlangsung pada tanggal 17 Juli hingga 18 Juli 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta. Kelas Bisnis MajuBarengTikTok ini telah diselenggarakan TikTok secara rutin sejak tahun 2021.
 
“Besar harapan kami agar Kelas Bisnis MajuBarengTikTok dapat membantu para pelaku UMKM untuk memajukan bisnis mereka di platform daring melalui ekosistem TikTok dan solusi iklan TikTok Ads,” ujar Head of SMB TikTok Indonesia Pandu Nitiseputro.
 
Salah satu bentuk bantuan yang diberikan TikTok dalam memajukan bisnis UMKM di platform daring via ekosistem TikTok, lanjut Pandu, adalah dengan cara membuat video pendek menarik dan kreatif agar dapat berjualan dengan mengedepankan konsep hiburan dan edukasi atau shoppertainment.

Tiktok juga menjelaskan bahwa Kelas Bisnis UMKM MajuBarengTikTok telah melatih lebih dari 8.000 pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Program Kelas Bisnis UMKM MajuBarengTikTok menyajikan program pelatihan komprehensif ditujukan membekali pelaku UMKM dengan keterampilan digital.
 
Pelatihan ini diharapkan dapat membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk menjangkau audiens lebih luas dan meningkatkan penjualan melalui fitur dalam ekosistem TikTok. Materi yang akan disampaikan dijelaskan TikTok dirancang untuk membantu UMKM agar terampil mempromosikan bisnis secara digital.
 
Beberapa materi tersebut antara lain, perilaku belanja pengguna ShopTokopedia, solusi iklan melalui TikTok Ads, promosi kreatif dengan Video Pendek, berkolaborasi dengan Creator Affiliate untuk memperluas jangkauan dan penjualan, serta penggunaan ragam fitur di TikTok seperti LIVE Shopping, Capcut, dan fitur lainnya.
 
Sejak TikTok mengumumkan komitmennya dalam mendukung lokal pada ajang TikTok Southeast Asia Impact Forum 2023 lalu, TikTok telah menyediakan kredit iklan senilai total USD3 juta dalam periode tiga tahun, mulai tahun 2023 hingga 2025, untuk mendukung UMKM lokal Indonesia.
 
Hingga saat ini, TikTok menyebut pihaknya telah mendistribusikan sekitar USD1 juta dollar dari angka yang dipersiapkannya. Pendistribusian ini disebut TikTok sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan pihaknya.
 
Penyaluran kredit iklan dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai komunitas UMKM, salah satunya adalah ukmindonesia.id. Dengan dukungan kredit iklan dari TikTok, ukmindonesia.id dapat terus melakukan edukasi melalui konten kreatif agar menjangkau lebih banyak UMKM di Indonesia.
 
Salah satu UMKM yang turut serta adalah Redshroom Store, penyedia sepatu bot industrial dan produk alas kaki lain dan menyediakan produk lokal berkualitas tinggi. Redshroom Store mengutarakan manfaat yang bisa didapatkan dari program ini.
 
Program pelatihan MajuBarengTikTok komprehensif, disebut Redshroom Store telah memungkinkan UMKM memahami secara mendalam cara menggunakan ekosistem TikTok dan memahami audiens TikTok dengan baik.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan