Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan seperti tahun sebelumnya. Meskipun layanan percakapan (voice) mengalami penurunan sebesar 15%, layanan SMS justru mengalami kenaikan sebesar 11% dibandingkan hari biasa.
Direktur & Chief?Teknologi?Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, seperti prediksi sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru.
Gede melanjutkan, XL Axiata juga bersyukur selama periode liburan tersebut kualitas jaringan tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya sudah dilakukan sejumlah langkah antisipatif dan #jadilebihbaik. "Di antaranya berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan?mobile?BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya."
Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 18% dibandingkan hari normal. Secara nasional, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Lombok Timur, naik 34%, lalu Kabupaten Lombok Tengah, naik 31%, dan Kabupaten Bogor, naik 23%.
Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, sebesar 21%, lalu Jawa Timur naik hingga 18%, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah ?naik hingga 17%. Untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, serta DIY mengalami kenaikan sebesar 16%. ?Secara rata-rata trafik di seluruh?Sumatera naik 13% dan Sulawesi 15%.
Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. ?Kawasan Malioboro, Yogyakarta, trafik data naik hingga 115% dibandingkan hari normal. Di kawasan Sarangan Jawa Timur, tahun ini trafik naik sebesar 208%. Sementara itu di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur naik 6.49%, Bromo Jawa Timur naik 294%, Pantai Kuta Badung Bali naik 67%, Puncak Bogor 50%, Danau Toba naik 106%.?
Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata?selama liburan Nataru mencapai sekitar 500 ribu pelanggan, mengalami kenaikan sekitar 7% dari tahun sebelumnya. Negara yang paling banyak dikunjungi adalah Malaysia.
Dari keseluruhan?trafik layanan data selama periode Nataru, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul?web browsing??dan?file access. Untuk trafik layanan?streaming?mengalami peningkatan sebesar 28% dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik gim meningkat sebesar 49%.
Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 6% dari hari normal, Instagram, 20%. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 18%, Tiktok 31%. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 11%.
Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, mengalami kenaikan sebesar 21% dari hari normal. Untuk gim, trafik tertinggi ada pada Free Fire sebesar 105% dari hari normal. Lalu Roblox naik 88% dan Mobile Legends, naik 22%.
Pada layanan streaming film, trafik Vidio naik 137% dibandingkan hari normal, Viu, naik 106% dan Netflix, naik 98%. Dan seperti biasanya selama masa libur?panjang, trafik ke layanan peta juga meningkat. Waze GPS meningkat sebesar 24%, dan Google Maps meningkat sebesar 18%, dan sementara trafik Apple Map sama dengan hari normal.
Untuk layanan XL SATU juga mengalami kenaikan trafik sebesar 5%?jika dibandingkan dengan hari normal,?sedangkan untuk layanan First Media juga mengalami kenaikan sebesar 2%. Hal ini disebabkan karena masyarakat juga banyak yang menikmati liburan natal dan tahun baru di rumah.
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak?lebih dari 58,6?juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade?jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. ?
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News