Netflix diblokir oleh Telkom.
Netflix diblokir oleh Telkom.

Dianggap Tidak Taati Peraturan, Telkom Blokir Netflix

Teknologi netflix
Ellavie Ichlasa Amalia • 27 Januari 2016 12:35
medcom.id:Telkom memblokir Netflix. Mulai dini hari tanggal 27 Januari 2016, layanan Netflix tidak dapat diakses menggunakan layanan yang diberikan oleh Telkom Group yaitu Indihome, WiFi.id dan Telkomsel.
 
Dikabarkan, alasan Telkom melakukan pemblokiran ini adalah karena Netflix belum memiliki izin resmi untuk beroperasi di Indonesia. Selain itu, mereka juga merasa konten yang disajikan oleh Netflix banyak yang mengandung konten kekerasan atau pornografi.
 
"Kami ini Badan Usaha Milik Negara, harus menjadi contoh dan menegakkan kedaulatan Negara Kedaulatan Republik Indonesia dalam berbisnis. Kita maunya kalau berbisnis itu harus mematuhi aturan Indonesia," kata Direktur Konsumer Telkom Dian Rachmawan, seperti yang dikutip dari Detik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Indonesia, Netflix bergerak tanpa bekerja sama dengan operator Indonesia. Sementara di negara-negara lain, seperti Singapura dan Italia, Netflix bekerja sama dengan operator lokal. Pihak Telkom merasa, seharusnya Netflix juga melakukan kerja sama dengan operator lokal Indonesia karena kerja sama tersebut akan memberikan keuntungan pada kedua pihak.
 
Sebelum ini, pihak Kementerian Kominfo mengatakan bahwa selama sebuah inovasi dapat memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat, maka mereka tidak akan keberatan. Keberadaan Netflix memang merupakan momok untuk stasiun TV dan juga penyedia layanan TV kabel.
 
Jika dibandingkan dengan keduanya, Netflix memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah karena tidak ada iklan di dalam Netflix. Keunggulan lainnya adalah karena pelanggan Netflix dapat menonton konten tanpa terikat jadwal. Selain itu, Netflix juga dapat dinikmati beberapa perangkat yang berbeda.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif