Poster pelucuran AMD Ryzen Threadripper 3000 Series. (AMD)
Poster pelucuran AMD Ryzen Threadripper 3000 Series. (AMD)

3 Varian AMD Ryzen Threadripper 3000 Series, Apa Saja?

Teknologi teknologi amd hardware amd ryzen
Cahyandaru Kuncorojati • 18 Oktober 2019 12:41
Jakarta: AMD masih bungkam terkait kehadiran prosesor HEDT (High-End Desktop) Ryzen Threadripper Generasi Ketiga atau 3000 Series. Beberapa waktu lalu baru beredar rumor yang menyebut chipset untuk motherboard tersebut bernama TRX40.
 
Banyak pihak yang meyakini beredarnya rumnor chipset tersebut oleh vendor penyedia motherboard menandakan prosesornya segera dirilis. Kini beredar bocoran yang diklaim berasal langsung dari internal AMD.
 
Dikutip dari WCCFTech, disebutkan bahwa prosesor bernama AMD Ryzen Threadripper 3990X akan diumumkan oleh AMD pada tanggal 5 November, namun tidak dengan spesifikasi lengkap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dokumen rahasia yang didapatkan Videocardz menyebut bahwa pada pengumuman hanya akan diberikan informasi mengenai nama dan jumlah varian atau SKU serta jumlah core yang dimiliki.
 
Artinya, pengumuman pada 5 November 2019 hanya sebuah teaser, diduga produknya ini akan direncanakan dirilis pada Januari 2020. Ada dua varian atau SKU yang akan diumumkan, yaitu AMD Ryzen Threadripper 3960X dan 3970X.
 
Disebutkan bahwa embargo informasi mengenai spesifikasi produk dan penjualannya akan berlaku hingga 19 November 2019. Hal ini juga berlaku bagi chipset TRX40. Setelah tanggal tersebut, vendor dan retailer boleh memperkenalkan produk dan menjualnya.
 
Dari ketiga varian atau SKU AMD Ryzen Threadripper 3000 Series, ada satu nama yang absen yaitu Ryzen Threadripper 3980X. Videocardz mengklaim bahwa dalam dokumen rahasia yang didapatkan AMD sama sekali tidak menyebut nama varian tersebut.
 
Belum diketahui apakah AMD memiliki produk AMD Ryzen Threadripper 3980X untuk segmen khusus atau memang tidak ada. Soal harga, sejauh ini juga belum ada rumor yang berani menyebutkan prediksi kisaran harga AMD Ryzen Threadripper 3000 Series.
 
Sebelumnya, MSI ketahuan sempat mengunggah nama motherboard dengan chipset TRX40 di situs mereka sebelumnya akhirnya dihapus. Sejak saat itu rumor terkait kedatangan prosesor AMD Ryzen Threadripper 3000 Series semakin kencang bahkan nama vendor seperti ASUS dan Gigabyte juga ikut ketahuan menyiapkan chipset tersebut di produknya.

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif