Apple Kembali Tegaskan Konsumen Bukan Bagian dari Produk Mereka

Lufthi Anggraeni 08 Agustus 2018 14:28 WIB
apple
Apple Kembali Tegaskan Konsumen Bukan Bagian dari Produk Mereka
Apple kembali menegaskan komitmen terkait privasi pengguna produknya kepada pemerintah Amerika Serikat.
Jakarta: Pada awal kemunculan skandal Facebook-Cambridge Analytica, seluruh mata turut memerhatikan Apple. CEO Apple Tim Cook kemudian ditanyai terkait tindakan yang akan dilakukan Apple jika dirinya menjadi CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Eksekutif Apple tersebut memberikan respon yang kemudian seolah menjadi mantra untuk Apple. Cook menyebut dirinya tidak akan pernah berada dalam situasi tersebut, dan mengaku akan memperoleh pendapatan besar jika menjadikan konsumennya sebagai bagian dari produk mereka, namun tidak demikian.

Kini, Direktur Hubungan Pemerintah Federal Apple, Timothy Powderly, secara tidak langsung mengulangi pernyataan Cook tersebut pada surat terbuka kepada perwakilan Oregon Greg Walden, ketua dari House Committee on Energy and Commerce.


Surat tersebut ditulis sebagai respons terhadap surat resmi yang dikirimkan Walden kepada Tim Cook pada bulan lalu. Selain posisi Apple dalam hal privasi, Walden juga menanyakan terkait fungsi mikrofon saat pengguna berinteraksi dengan Siri.

Selain itu melalui surat tersebut, Walden juga menanyakan terkait cara Apple menghimpun informasi, termasuk data lokasi. Melalui surat balasannya, Powderly menyebut bahwa Apple menyakini privasi sebagai hak dasar yang dimiliki oleh manusia.

Apple mengaku secara sengaja merancang produk dan layanan menghimpun data konsumen dengan jumlah paling minimal. Saat menghimpun data, Apple mengklaim terbuka kepada konsumen dan berupaya untuk tidak mengaitkannya kepada pengguna produknya.

Sementara itu, surat serupa juga dikirimkan kepada Cook juga dikirimkan Walden kepada CEO Alphabet Larry Page. Namun, pertanyaan yang dikirimkan kepada Page termasuk penerimaan data lokasi dari pengguna ponsel Android, bahkan menyoal aktivasi layanan lokasi pada perangkat.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.