CEO Alibaba Jadi Pengganti Jack Ma
Jack Ma akan mengundurkan diri dari Alibaba tahun depan. (Photo by JORGE SILVA / POOL / AFP)
Jakarta: Setelah Jack Ma mengumumkan keputusannya untuk mengundurkan diri tahun depan,  Alibaba Group mengumumkan bahwa CEO Daniel Zhang akan menggantikan posisi Ma sebagai Chairman.

Ma akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Chairman pada 10 September 2019. Dia akan terus menjadi anggota dewan sampai pertemuan pemilik saham pada 2020. 

Setelah itu, Ma akan tetap menjadi rekan seumur hidup dari Alibaba Partnership, sebuah grup yang terdiri dari 36 orang yang dipilih dari manajemen senior perusahaan dan perusahaan rekan Alibaba Group. Grup ini memiliki pengaruh yang cukup kuat di perusahaan, menurut laporan TechCrunch


Ma mengundurkan diri sebagai CEO Alibaba pada 2013. Ketika itu, dia digantikan oleh Jonathan Lu. Lu kemudian digantikan oleh Zhang pada 2015, yang ketika itu menjabat sebagai COO.

Keputusan ini diambil setelah Ma mengumumkan bahwa perusahaan akan dipimpin oleh orang-orang yang terlahir pada tahun 1970-an. Zhang terlahir pada 1972. 

Dalam sebuah surat yang dikirimkan ke media, Ma menyebutkan bahwa Zhang telah "menunjukkan kemampuannya, ketajaman insting bisnisnya dan kekuatan kepemimpinannya sejak duduk sebagai CEO.

"Sejak dia menjabat sebagai CEO, Alibaba telah menunjukkan pertumbuhan yang konsisten selama 13 kuartal. Dia memiliki gaya berpikir yang analitik, dia mementingkan visi dan misi kami, dia menanggung tanggung jawab dengan baik dan dia memiliki keberanian untuk berinovasi dan mencoba model bisnis kreatif."

Ma menambahkan, perubahan ini menunjukkan bahwa Alibaba telah memasuki babak baru dalam kepemimpinan perusahaan, dari perusahaan yang bergantung pada individu menjadi perusahaan yang dibangun berdasarkan sistem organisasi yang baik dan budaya pengembangan talenta.

Ma kembali menekankan bahwa kepergiannya dari Alibaba Group akan terjadi secara perlahan.

"Saya telah berpikir lama dan melakukan persiapan untuk rencana ini selama 10 tahun. Saya dengan senang mengumumkan rencana ini hari ini berkat dukungan dari Alibaba Partnership dan dewan direktur kami," tulisnya. 

Terkait rencananya setelah Zhang menjadi Chairman tahun depan, Ma berkata bahwa dia akan terus memberikan kontribusi pada Alibaba Partnership.

Dia lalu menambahkan, "Saya juga ingin kembali ke bidang edukasi, yang membuat saya sangat senang karena inilah yang saya senang lakukan. Dunia ini besar dan saya masih mudah, jadi saya ingin mencoba berbagai hal baru -- karena mungkin ada mimpi lain yang bisa saya realisasikan. Satu  hal yang pasti adalah Alibaba tidak berpusat pada Jack Ma, tapi Jack Ma akan selamanya setia pada Alibaba."



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.