Tim Cook: iPhone Baru Demi Layani Semua Orang
Tim Cook menyebut penawaran iPhone dalam berbagai harga ditujukan untuk melayani seluruh konsumen.
Jakarta: Rangkaian Apple iPhone terbaru telah resmi meluncur pada 12 September lalu, dengan harga dari USD449 (Rp6,6 juta).

Sementara itu, model smartphone terinspirasi dari iPhone X ditawarkan dengan kisaran harga antara USD749 (Rp11 juta) dan USD1.449 (Rp21,5 juta) di Amerika Serikat.

Namun, setelah gelaran acara pengumuman perangkat, CEO Apple Tim Cook menyebut bahwa Apple lebih memilih untuk menurunkan harga iPhone dan menjelaskan proses di balik peluncuran iPhone XS max dan iPhone XR.


Menurut Cook, Apple memahami kisaran harga yang dapat dijangkau oleh konsumen. Memiliki tujuan akhir untuk melayani semua orang, hal yang dapat dicapainya dengan menawarkan iPhone 7 kepada konsumen seharga dari USD449 (Rp6,6 juta) dan seri iPhone 8 dari USD599 (Rp8,9 juta).

Namun, Apple juga mengaku mengetahui bahwa sejumlah konsumen menginginkan fitur iPhone X pada perangkat berharga lebih terjangkau, menjadi alasannya menghadirkan iPhone XR.

Hadir dengan dukungan spesifikasi yang tidak sepenuhnya dapat disandingkan dengan iPhone XS, iPhone XR juga didukung oleh chip A12 Bionic sama, serta desain layar luas.

Selain itu, diharapkan dapat menarik perhatian lebih banyak konsumen, smartphone ini tersedia dalam berbagai pilihan warna.

Menyoal iPhone XS, Cook menyebut terdapat cukup banyak konsumen yang belum dirangkul Apple namun menginginkan inovasi dan nilai produk yang diusung oleh iPhone X.

Alasan serupa juga diungkap Cook menyoal iPhone XS Max, menyasar konsumen dalam segmen yang sama namun menginginkan perangkat berukuran lebih besar.

CEO Apple ini juga menyebut bahwa peran iPhone menjadi lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya dalam hidup masyarakat, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Hal ini menjadi alasan semakin banyak konsumen yang bersedia merogoh kocek lebih dalam untuk memperoleh perangkat terbaru Apple, baik iPhone ataupun produk lain seperti Apple Watch atau iPad.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.