Acer Tanam Prosesor AMD Ryzen ke Laptopnya di Indonesia

Cahyandaru Kuncorojati 13 Februari 2018 20:02 WIB
acer
Acer Tanam Prosesor AMD Ryzen ke Laptopnya di Indonesia
Acer dan AMD berkolaborasi lewat Acer Swift 3 yang menggunakan dua varian AMD Ryzen Mobile yakni Ryzen 5 Mobile dan Ryzen 7 Mobile.
Jakarta: Acer menjadi yang pertama memperkenalkan laptop yang menggunakan AMD Ryzen Mobile di Indonesia.

Berlokasi di The Hook, Jakarta, Acer memperkenalkan dua varian laptop Swift 3. Perbedaanya terletak di jenis prosesor AMD Ryzen Mobile yang digunakan.

Acer Swfit 3 (SF315-41) dibekali prosesor AMD Ryzen 5 Mobile dan AMD Ryzen 7 Mobile. Consumer BDM AMD Indonesia, Armawati Chen menuturkan  teknologi AMD Ryzen Mobile membuat laptop tipis menjadi jauh lebih bertenaga dibandingkan yang ada selama ini di pasar.


"Prosesor AMD Ryzen Mobile menjadi prosesor tercepat dan terbaik di dunia untuk perangkat laptop. Kami berhasil menghadirkan kemampuan prosesor terbaik untuk PC desktop ke dalam versi laptopnya," ungkap Armawati.

Prosesor AMD Ryzen 5 Mobile (2500U) memiliki clock speed 2,0GHz dan turbo speed 3,6GHz yang terintegrasi dengan GPU Radeon Vega 8 (512 stream processor) dan clock speed 1100 MHz.

Di prosesor AMD Ryzen 7 Mobile (2700U) disajikan clock speed 2,2GHz dan turbo speed 3,8GHz yang terintegrasi dengan GPU Radeon Vega 10 (640 stream processor) dan clock speed 1300 MHz.

Kehadiran kedua prosesor tersebut membuat Acer Swift 3 mampu memainkan game sepeti Overwatch, League of Legends, dan DOTA 2. Dalam demo Acer Swift 3 berprosesor AMD Ryzen 7 Mobile, bahkan diperlihatkan dapat memainkan game Battlefield 1 dengan resolusi maksimal sangat lancar tanpa tehubung charger.

Dalam pengujian rendering foto menggunakan aplikasi Cinebench 15, laptop Acer Swift 3 mampu menyelesaikan proses rendering jauh lebih cepat ketimbang laptop merek lain yang menggunakan prosesor Intel Core i7 dengan skor tertinggi yakni 615.

Meskipun membuat Acer Swift 3 mampu digunakan untuk gaming maupun multitasking, tapi Armawati juga menegaskan daya tahan baterai laptop Acer tetap hemat dan tahan lama karena dua prosesor tersebut memiliki TDP 15W jauh lebih kecil dibandingkan laptop prosesor lain. 



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.