Snapdragon 845 Bikin HP Kuat  Main  Video HD 20 Jam Nonstop
Snapdragon 845 SoC baru andalan Qualcomm
Amerika Serikat: Berdasarkan riset Qualcomm, daya tahan baterai  masuk dalam  prioritas tertinggi konsumen dalam membeli ponsel cerdas. Qualcomm menjawab itu dengan megeluarkan sistem on chip (SoC) Snapdragon 845. Sektor ini menjadi andalan prosesor tersebut.

Survei Qualcomm dilakukan di  Amerika, Inggris, Jerman, Jepang, Brasil, Nigeria, Arab Saudi, China, dan Indonesia.

Qualcomm Snapdragon 845 menawarkan pengalaman kepuasan, dengan membuat baterai dapat memutar , atau menangkap momen dengan video terus menerus selama 20 jam lebih.


Mereka juga menjanjikan pengguna dapat memainkan game virtual reality selama lebih dari tiga jam, pada ponsel yang  ditanam Snapdragon 845.

Otak dari kemampuan memperpanjang masa hidup baterai ada berkat heterogeneous computing, nama bagian dalam chip yang dioptimasi untuk mengerjakan tugas spesifik. Snapdragon 845 pun diklaim memiliki keunggulan dari pendahulunya. 30 persen lebih irit.

“ Snapdragon 845 juga mendukung Quick Charge 4, yang bisa membuat perangkat Anda dapat terisi kembali dari semula kosong sampai 50 persen,  hanya dalam hitungan 15 menit,” kata Peter Carson, Senior Director, Marketing, Qualcomm Technologies, Inc, di panggung Qualcomm Technology Summit 2017, Maui, Hawai, Rabu 6 Desember 2017.

Snapdragon 845 mengakomodasi Kryo 385 CPU, Hexagon 685 digital signal processor,  Spectra 280 ISP, AQustic Audio dan modem Qualcomm yang tercepat, Gigabit LTE  X20.


Snapdragon 845

Qualcomm Spectra 20 ISP adalah bagian  di Snapdragon 845 yang  memungkinkan perangkat ponsel memutar atau menangkap gambar video dengan kualitas ultra HD (60 frame per detik). Chipset ini juga bisa memutar gambar video secara slow motion dalam format HD 720p dengan 480 frame per detik.
 
Penghematan baterai dapat terjadi berkat performa Kryo 385 8 inti yang dipecah ke dalam dua bagian. Empat  inti untuk kecepatan, dan empat lainnya untuk performa.  Bagian yang berperan dalam kecepatan pemerosesan data bisa beroperasi mencapai 2.8Ghz. Ini yang menambah 25% kecepatan dari generasi lalu.

Sedangkan bagian yang berfungsi menghemat daya bekerja dengan frekuensi sampai 1.8Ghz.

Pada seri Snapdragon 835,  delapan inti prosesor  juga tertanam. Namun, kemampuannya tidak sehebat 845,  karena empat  inti untuk kecepatan beroperasi sampai 1.9 Ghz, sedangkan untuk performa beroperasi sampai 2.45 Ghz.
 
Apa kemampuan Snapdragon 845 dalam sisi keamanan?  Seperti yang di paparkan Senior Director, Product Management Qualcomm Technology, Inc, Sy Choudhury,  SoC ini mendukung  berbagai tipe metode autentikasi biometrik, seperti  pada sidik jari, retina, dan wajah.

Sementara kemampuan mendukung audio juga meningkat. Snapdragon 845, misalnya dapat membuat suara orang (yang bernyanyi dengan apps) menjadi semerdu penyanyi favoritnya, karena pemerosesan data yang dikerjakan Qualcomm aQstic Audio. Bila menggunakan headset nirkabel, konsumsi dayanya dapat mencapai 50% lebih hebat dari sebelumnya.

Ponsel yang pertama menggunakan Snapdragon 845 akan diketahui pada awal 2018. Kemungkinannya Samsung, Xiaomi, LG, HTC dan Sony akan menggunakan chipset ini.
 
Di saat peluncuran, CEO Xiaomi Lei Jun hadir di panggung, dan menyatakan bahwa flagship terbarunya Mi 7 akan menggunakan Snapdragon 845.  Xiaomi memang langganan menggunakan SoC Snapdragon. Kerjasama Xiaomi dan Qualcomm diawali pada 2011 ketika Xiaomi Mi 1 menggunakan Snapdragon S-3.



(FIT)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.