NEWSTICKER
Google dilaporkan akan segera menghadirkan fitur serupa iMessages pada fitur pesan teks di Android.
Google dilaporkan akan segera menghadirkan fitur serupa iMessages pada fitur pesan teks di Android.

Pesan Teks di Android Bakal Dapat Fitur iMessage

Teknologi teknologi google
Lufthi Anggraeni • 14 Februari 2020 10:48
Jakarta: Bocoran informasi terbaru mengindikasikan bahwa pesan teks di perangkat Android akan segera menerima update pening, termasuk sejumlah fitur menarik yang telah tersedia pada perangkat pesaingnya selama beberapa tahun terakhir.
 
RCS atau Rich Communication Service, merupakan protokol pesan yang siap mendukung kemampuan pesan teks generasi selanjutnya untuk Android, seperti laporan Phone Arena. Hingga saat ini, Google belum berhasil menjadikan RCS sebagai standar universal.
 
Namun, upaya ini telah mengalami kemajuan stabil untuk adopsi lebih luas, dan peretas bernama Jane Manchun mengungkap di Twitter bahwa Google juga tengah berupaya untuk menghadirkan lebih banyak fitur pada Android Messages, termasuk reaksi emoji.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kicauannya, kode beta untuk Messages menampilkan fungsionalitas fitur reaksi emoji, memungkinkan pengguna mengekspresikan persetujuan, ketidakpercayaan, dan lainnya untuk pesan tertentu dengan memilih emoji yang muncul di sebelahnya.
 
Fitur ini telah tersedia pada klien pesan populer lainnya, seperti Facebook Messenger, atau pada Apple iMessages disebut dengan nama Tapback. Fitur ini belum dirilis secara resmi, namun kehadiran RCS menambahkan sejumlah kenyamanan modern seperti membaca struk, pengingat ketikan dan pesan via Wi-Fi atau LTE.
 
Pesan teks di Android akan harus mengejar ketertinggalannya pada fitur kontemporer ini untuk dapat menyamai pengalaman yang disuguhkan oleh kompetitor lain. Sebelumnya, Google memutuskan untuk mengintegrasikan Duo dengan aplikasi dialer pada perangkat Samsung lini Galaxy S20.
 
Hal ini memungkinkan pengguna untuk memulai panggilan video secara lebih mudah dengan salah satu kontak mereka. Pengguna juga diklaim tidak perlu mengakses aplikasi terpisah, dan hanya perlu mengakses Contacts, pilih panggilan video Duo serta kontak yang dituju.
 
Sementara itu, Google dilaporkan tengah menguji fitur terbaik Play Music, memungkinkan pengguna mengunggah perpustakaan musik mereka, untuk diterapkan pada YouTube Music. Fitur ini diklaim sebagai penghambat pengguna Play Music untuk beralih ke YouTube Music.
 
Google tengah menguji kemampuan unggah perpustakaan musik untuk YouTube Music secara internal, mengindikasikan perusahaan teknologi raksasa ini semakin dekat untuk mengalihkan pengguna Play Music ke YouTube Music.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif