Logo TikTok dan Microsoft.
Logo TikTok dan Microsoft.

Microsoft Berminat Beli TikTok Operasional Amerika Serikat?

Teknologi teknologi microsoft
Cahyandaru Kuncorojati • 02 Agustus 2020 16:19
Jakarta: Setelah kabar bahwa investor di Amerika Serikat berminat membeli saham operasional TikTok di negaranya demi terhindar dari pemblokiran oleh pemerintahan Donald Trump. Kini rumor yang beredar menyebutkan Microsoft juga sudah berminat.
 
Rumor ini mulai beredar kencang setelah Presiden AS Donal Trump dilaporkan bakal membuat instruksi khusus kepada ByteDance, induk perusahaan TikTok. Dia bakal meminta ByteDance untuk menjual saham TikTok wilayah Amerika Serikat.
 
Dikutip dari Business Insider, perusahaan sekelas Microsoft juga ternyata dirumorkan berminat untuk memiliki saham dari media soal TikTok. Hal ini bisa dibilaang tidak terlepas dari kesuksesannya di pasar Amerika dan Eropa, bukan cuma Asia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BACA: Jepang Mau Ikut Blokir Aplikasi Tiongkok
 
TikTok sendiri dilaporkan sudah diunduh sebanyak 2,3 miliar kali di seluruh dunia dan bisnisnya memiliki valuasi antara USD30 miliar hingga USD50 miliar. Sebelumnya dilaporkan beberapa investor sedang membentuk firma venture capital untuk patungan membeli saham TikTok.
 
Meskipun begitu Microsoft belum mau berkomentar atas beredarnya rumor ini. Kehadiran TikTok di bisnis perusahaan tersebut tentu akan sedikit membingungkan. Microsoft sendiri memiliki satu media sosial yaitu LinkedIn yang berfokus ke bisnis dan profesional.
 
Mereka juga sempat merintis platform media sosial berupa live streaming bernama Mixer yang fokus kepada gamer tapi sudah ditutup. Performa Mixer dianggap tidak bisa mengejar Twitch milik Amazon. Akhirnya pengguna Mixer diimbau bermigrasi ke Facebook Gaming.
 
BACA: Investor AS Pertimbangkan Patungan Beli TikTok
 
Pihak TikTok juga tidak mau berkomentar atas rumor ini. Saat ini mereka masih berjuang untuk mempertahankan bisnisnya di Amerika Serikat dan menjamin bahwa layanannya tidak ada hubungan khusus dengan pemerintah Tiongkok meskipun berasal dari negara tersebut.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif