NEWSTICKER
Ilustrasi. (The Next Web)
Ilustrasi. (The Next Web)

India Ikut Buat Aplikasi Ponsel Pendeteksi Penyebaran Virus Korona

Teknologi teknologi india Virus Korona
Cahyandaru Kuncorojati • 26 Maret 2020 14:11
Jakarta: India bakal mengikuti jejak Tiongkok, Korea Selatan, Iran, Israel dan Singapura untuk membuat aplikasi yang bisa mendeteksi atau menelusuri penyebaran virus Korona atau COVID-19 di warga negaranya.
 
Aplikasi ini membuat pemerintah dan masyarakat penggunanya bisa memperkirakan apakah mereka sempat berdekatan atau kontak dengan orang yang baru diketahui terpapar virus tersebut.
 
Dikutip dari The Next Web, aplikasi ini diberi nama CoWin-20 dan sekarang dalam tahap uji coba untuk ponsel Android dan iOS. Nantinya pengguna akan mendapatkan notifikasi bahwa lokasi mereka berada dekat dengan pasian yang terpapar virus Korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Caranya hampir mirip dengan aplikasi TraceTogether buatan Singapura. Jadi aplikasi akan membaca lokasi penggunanya dan mengandalkan konektivitas Bluetooth. Dia akan membaca ponsel pengguna lain yang juga menggunakan aplikasi ini.
 
Aplikasi mengetahui bahwa seseorang kemungkinan besar terpapar virus Korona berdasarkan catatan yang terhubung ke data pemerintah. Misalnya, riwayat perjalanan penggunanya. Pengguna juga akan menerima notifikasi apabila berada di lokasi dengan kasus virus yang tinggi.
 
Pemerintah menjamin bahwa aplikasi tidak akan mengakses data penting atau privasi di ponsel meskipun hanya membutuhkan izin untuk memantau lokasi pengguna. Data yang dikumpulkan aplikasi hanya akan diminta apabila pengguna positif terpapar virus Korona.
 
Kemudian pihak Kementerian Kesehatan India akan mengambil rekaman data aplikasi CoWin-20 untuk melihat riwayat pengguna tadi. Jadi mereka bisa menelusuri siapa saya yang sempat melakukan kontak dengan pasien positif virus Korona.
 
Kementerian Kesehatan akan mengirimkan notifikasi imbauan untuk pengujian kesehatan kepada orang-orang yang tercatat pernah berada dekat dengan pasien virus Korona. Jarak deteksi Bluetooth dan durasi perekaman data aplikasi serupa dengan aplikasi TraceTogether Singapura.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif