Peluncuran platform big data analytics BigBox.
Peluncuran platform big data analytics BigBox.

Telkom Andalkan BigBox Jadi Solusi Pusat Big Data Indonesia

Teknologi teknologi Telkom corporate transformasi digital
Cahyandaru Kuncorojati • 03 Desember 2020 08:37
Jakarta: Telkom Indonesia mengumumkan platform bernama BigBox yang bakal dijadikan solusi big data analytics untuk mendukung program Satu Data Indonesia seperti yang ingin dicapau dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019.
 
Diketahui di PerPres tersebut berisi kebijakan tata kelola data pemerintah yang menghasilkan integrasi data, akurat, mutakhir, terpada, dan dapat dipertanggungjawabkan.
 
Inisiatif pemerintah ini ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintahan, tak hanya untuk pengambilan kebijakan tapi juga bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Platform BigBox akan digunakan untuk kalangan enterprise maupun B2B dari berbagai sektor pemerintah pusat dan daerah. Di sini disediakan libgkungan data yang mudah diintegrasi, diolah, dan memiliki tingkat analitik yang akurat untuk menghasilkan insight untuk pengambilan keputusan.
 
"Data jangan lagi dipandang sebagai beban, melainkan sebagai aset. Data merupakan sumber informasi yang bermanfaat yang nantinya bisa membantu dalam pengambilan keputusan. Ujung-ujungnya, penerapannya adalah untuk efisiensi," tutur Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah.
 
BigBox merupakan end-to-end big data platform dan produk buatan Amoeba sebagai inkubasi model startup internal perusahaan. BigBox juga memiliki vertical platform, yaitu social media analytic platform (BigSocial), e commerce analytic platform (BigCommerce) dan one data management platform (BigOne).
 
"Layanan big data ini memberikan solusi data yang komprehensif dan diharapkan dapat dimanfaatkan secara luas baik oleh lembaga pemerintah, BUMN, dunia usaha, dan masyarakat," ujar wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo yang ikut mengisi acara perkenalan BigBox.
 
"Saat ini di Indonesia, tantangan terbesar dalam mengambil keputusan adalah data yang akurat dan insight dari data. BigBox diharapkan Telkom menjadi provider big data analytics yang dapat dimanfaatkan untuk mencari insight dan pengambilan keputusan yang tepat," tambahnya.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif